Pengembangan E-Modul Interakif Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. JDPP : Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, SEMNASDIKJAR 2019, 37–44. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Stem Siswa Sma. Journal of Science Education And Practice, 3(2). https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep
Annisa, Syamsuri, & khaerunnisa, E. (2021). Kesulitan Siswa dalam Proses Matematisasi Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 97–108. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2021). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 259–267. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa
Buulolo, L. H. (2022). Pengembangan Modul Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiwa Keguruan, 1(2), 225–238. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU
Dewi, A. C., Yahya Muhammad, & Darmawang. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Kejuruan. Jurnal Konsepsi, 11(2), 373–379. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.
Fitriana, E., Ramalisa, Y., & Pasaribu, F. T. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis PjBL Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 64–73. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index
Gay, L., Mills, G. E., & Airasian, P. (1991). Educational Research Competencies for Analysis and Application. (Jeffery W. Johnston, Ed.; tenth). Pearson Education, Inc.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022a). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Hani, A., Ermiana, I., & Fauzi, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.7823
Imamah, N., & Wibowo, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Perubahan Wujud Benda Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(2), 43–55.
Jayanti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2022). Pengembangan Emometri (E-modul Trigonometri) dengan Project Based Learning Berbasis STEAM. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1116. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4881
Juwita, J., Rakhmawati, F., & Ammamiartha. (2024). Pengembangan E-Modul Menggunakan Software Flip PDF Professional pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. RELEVAN: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(5). : https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan
Kencana, P. C., & Rifa’i, R. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Inkuiri di SMAN 5 Bengkulu Selatan. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 233–241. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.233-241
Khoirunnisa, S., Kalsum, U., Timbu, D. L., Ngongo, O. B., & Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2).
Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S., & Fauziyyah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.1898
Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika siswa sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Ningsih, S. K., Amaliyah, A., Rini, C. P., Tangerang, U. M., & Tangerang, K. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/BJ.V2I1.48
Pangestu, A. A., Ifadah, L., & Muanayah, N. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Nilai Kognitif Siswa di SMP Maarif Tlogomulyo. JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipiner, 1(2), 70–83. http://journal.amorfati.id/index.php/jipsi||ISSN2962-918770https://journal.amorfati.id/index.php/jipsi
Putri, S. R., Hader, A. E., & Putri, A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Koto Baru. DE_JOURNAL, 4(2), 684–690. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Ridwan, T., Sutandi, Anwarudin, M. M., Nugraha, fajar M., Syah, M. fadlihan, Rizki, S., Mucholis, & Waluyo, S. (2022). Implementasi Model Projek Based Learning. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 3(2), 77–83.
Rohman, Syaifudin, & Astiwijaya, N. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 165–173.
Silalahi, R. A., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Journal on Education, 05(04), 14264–14275. http://jonedu.org/index.php/joe
Solehah, H., & Setiawan, D. (2023). Kurikulum Merdeka dan Penilaian Pembelajaran Matematika dalam Membangun Generasi Matematika yang Kompeten (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23929–23940.
Turnip, R. F., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265
Yuniarti, H., Setianingsih, R., & Surawati, I. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Prisma Dan Limas.
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v11i1.2639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index
Email: math@unira.ac.id
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.