PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Ihwan Zulkarnain

Abstract


Tujuan Penelitian adalah untuk membuktikan secara empiris adanya pengaruh  metode inquiry terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Metode penelitian yang dilakukan merupakan metode eksperimen dengan membandingkan siswa di kelas IX-A yang melakukan pembelajaran melalui metode inquiry sebagai kelas eksperimen dan siswa di kelas XI-B yang melakukan pembelajaran melalui metode ekspositori sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan di SMP Karya Pakuan Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 60 orang siswa dengan latar belakang kurikulum yang sama tanpa cluster khusus atau kemampuan perkelas yang sama rata. Instrumen penelitian menggunakan tes evaluasi pemahaman konsep berupa test essay. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan didapat thitung = 9,39 dan ttabel= 2,001 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti nilai thitung > ttabel.Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Diterimanya H1, hal ini berarti telah membuktikan kebenaran dari hipotesis yang menyatakan bahwa pemberian metode inquiry berpengaruh terhadap pemahaman  konsep matematika siswa.


Keywords


Metode Inquiry, Metode Ekspositori, Pemahaman Konsep Matematika

Full Text:

PDF

References


Leonard. 2015. EduResearch Raise the Standart. Jakarta. UNINDRA Press.

Liberna, Hawa dan Yogi Wiratomo. 2013. Metode Pembelajaran Matematika. Jakarta: Mitra Abadi.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet.1. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Suyanti, Retno Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Zulfiani, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36513/sigma.v5i1.643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.