EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI KAHOOT

Rica Wijayanti, Didik Hermanto, Zainuddin Zainuddin

Abstract


Rancangan yang dibuat oleh seorang guru sangat menentukan terhadap keberhasilan belajar siswa. Namun, permasalahan yang sering terjadi di lapangan adalah tidak semua guru mampu mendesain proses pembelajaran dengan tepat. Salah satu desain yang dapat digunakan oleh seorang guru ketika mengajar adalah menggunakan pendekatan pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan. Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) adalah sebuah pendekatan yang dapat menjadi alternatif untuk digunakan ketika mengajarkan mata pelajaran matematika. Pendekatan ini mengaitkan matematika dengan kehidupan nyata siswa sehingga siswa dapat langsung menerapkan ilmu yang diperoleh. Selain menggunakan pendekatan, guru juga harus mendesain media pembelajaran. Media pembelajaran kahoot adalah media  berupa game edukasi yang memanfaatkan teknologi berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektivan dari pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan berbantuan media pembelajaran aplikasi kahoot. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu). Hasil data yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa  sebesar 8,46 dan  sebesar 2,07. Karena , maka dapat disimpulkan bahwa  diterima dan  ditolak. Artinya, pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan berbantuan media pembelajaran aplikasi kahoot efektif digunakan

Kata Kunci : Efektivitas; Pendekatan RME; Media pembelajaran kahoot;

 


Full Text:

PDF

References


Desvita, E. (2014). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan Menggunakan LKS dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII MTs Muhammadiyah Padang. Jurnal FKIP UMSB .

Hermawan, D. P. (2017). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Berjenis Puzzle, RPG dan Puzzle RPG Sebagai Sarana Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi , 195-205.

Ismail, A. N. (2016). Keberkesanan Penggunaan Quizlet dan Kahoot IT dalam memperkasakan Pengajaran Guru dan Memperkaya Pembelajaran Murid. Edumath .

Iwamoto, D. (2017). Analyzing The Of The Testing Effect Using Kahoot On Student Performance. Turkish Oline Journal of Distance Education .

Jasmita, N. H. (2013). Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan ealistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Perkalian. Didaktika , 212-222.

Marsigit, A. Z. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Konvensional Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika , 152-163.

Muhammad, Y. (2018). Implementation Of Kahoot Aplication To Improving Or Interest Of Civic Education Learning Experimental Research In Class XI Of SMAN 1 Garut . Jurnal Civic & Social Studies .

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press.

Panhuizen, V. d. (1996). Mathematics Education In The Netherlands : A Guide Tour. Utrecht: Frudenthal Institute, Utrecht University.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung . ISBN 979-9185-37-8.

Yerizon, A. F. (2013). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Matematis Siswa. Padang:Semirata FMIPA Universitas Lampung .




DOI: http://dx.doi.org/10.36513/sigma.v4i3.640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.