PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Dwi Andriani, Huri Suhendri, Hawa Liberna

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran Lightening the Learning Climate terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperiment dengan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Lightening the Learning Climate dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Islam Assalamah Depok dan SMP Dwiguna Depok kelas VII Tahun Ajaran 2018/2019. Banyak sampel pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebanyak 28 orang. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Pengukuran dan pengambilan data menggunakan instrument tes tertulis bentuk essay. Sebelumnya soal telah divalidasi selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan Uji Fisher didapat data kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan bersifat homogen. Berdasarkan uji hipotesis penelitian diperoleh t hitung =2,32> t tabel =2,005 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehinggadapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Lightening the Learning Climate terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran Lightening the Learning Climate terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperiment dengan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Lightening the Learning Climate dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Islam Assalamah Depok dan SMP Dwiguna Depok kelas VII Tahun Ajaran 2018/2019. Banyak sampel pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebanyak 28 orang. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Pengukuran dan pengambilan data menggunakan instrument tes tertulis bentuk essay. Sebelumnya soal telah divalidasi selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan Uji Fisher didapat data kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan bersifat homogen. Berdasarkan uji hipotesis penelitian diperoleh t hitung =2,32> t tabel =2,005 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehinggadapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Lightening the Learning Climate terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaranLightening the Learning Climate terhadap kemampuan komunikasi matematis pesertadidik. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperiment dengan dibagi menjadi duakelas yaitu kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Lightening the LearningClimate dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran Ekspositori. Populasi dalampenelitian ini adalah peserta didik SMP Islam Assalamah Depok dan SMP DwigunaDepok kelas VII Tahun Ajaran 2018/2019. Banyak sampel pada kelas eksperimen dankelas kontrol masing-masing sebanyak 28 orang. Adapun teknik pengambilan sampeldilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Pengukuran dan pengambilan datamenggunakan instrument tes tertulis bentuk essay. Sebelumnya soal telah divalidasiselanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas menggunakan ujiLiliefors dan uji homogenitas menggunakan Uji Fisher didapat data kelas kontrol dankelas eksperimen berdistribusi normal dan bersifat homogen. Berdasarkan uji hipotesispenelitian diperoleh thitung=2,32> ttabel=2,005 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehinggadapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Lightening theLearning Climate terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Keywords


Lightening the Learning Climate, Komunikasi Matematis, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Amorie, Jean. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Lightening the Learning Climate. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No.1. 73-81.

Arsanty, Desy. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Etos Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1. 46-60. DOI:10.30998/jkpm.v1i1.890

Balitbang Kemdikbud. 2018. Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah.http://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Cicilya, Leny Gestart. 2014. Skripsi. Pengaruh Model PembelajaranActive Learning Tipe Lighteningthe Learning Climate untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Pecahan Dikelas VII SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat T.P 2014/2015. Medan:Universitas HKBP Nommensen.

Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp.Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 13, No. 2. 1-10.

Hanif, Muhammad. 2013. Skripsi. Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Kelas X. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sriharjono, Nur Aini. 2011. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Metode Lightening The Learning Climate (PTK di Kelas VII Semester II SMPN 3 Bulu Tahun Ajaran 2010/2011. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sumarmo, U. 2013. Pendidikan Karakter, Berpikir dan Disposisi Logis, Kritis, dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam perkuliahan Evaluasi Matematika 2011 Pascasarjana UPI. Tidak Diterbitkan.

Wardhani, Sri. 2012. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMMS. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Wear, Ali Sadikin dan Indrawati Renny. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri dan Diskusi pada Materi Pokok Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 2. 159171. DOI :10.30998/jkpm.v2i2.2489




DOI: http://dx.doi.org/10.36513/sigma.v5i1.637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.