PELATIHAN ADVERSITY QUOTIENT DAN UPAYA MENDONGKRAK AKTIVITAS “NONGKRONG” SEBAGAI KEBERHASILAN PEDAGANG WARUNG KOPI DI KAWASAN SENTRA KULINER

Suyanto Suyanto

Abstract


Fenomena tingginya pertumbuhan warkop seiring dengan tingginya minat remaja dan masyarakat untuk menghabiskan waktu di cafe ataupun warung kopi (warkop) sebagai gaya hidup. Penelitian ini mengkaji adversity quotient pada pedagang warkop berkenaan dengan tingginya persaingan, dan dampaknya pada kinerja pedagang yang diukur dari segi kuantitas dan kualitas.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen nyata dalam bentuk one design pre test – post test, dengan mengambil pedagang warkop secara incidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket model skala likert. Hasil uji anava diperoleh nilai p= 0,000 (p<0,05) yang berarti ada pengaruh pelatihan terhadap adversity qiotient pada pedagang warkop di sentra kuliner. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai p=0,000 (p<0,05) yang berarti ada pengaruh adversity quotient terhadap kinerja pedagang. Nilai koefisien determinasi menunjukan adversity quotient mampu memberikansumbangan efektif terhadap peningkatan kinerja pedagang hingga 55,1%. Kinerjapedagang juga diketahui dari meningkatnya volume kunnjungan nongkrong di warkoppada kelompok remaja. Volume sebagai indikasi meningkatnya kunjungan diperoleh nilai F sebesar 83,364 dengan probabilitas 0,000 (p<0,05) menunjukkan bahwa ada perubahan yang signifikan setelah pedagang mengikuti kegiatan pelatihan.


Keywords


Adversity quotient, kinerja pedagang

Full Text:

PDF

References


Arditya, D. (2010). Perbedaan Perbedaan Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Karakter Kecerdasan Adversity.

Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.

Astuti, W (2015). Pengaruh adversity quotient dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Propan Raa Sidoarjo. Thesis Program Pascasarjana, fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus Surabaya.

Azwar, S (2014). Validitas dan reliabilitas alat ukur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Davis dan Neswtrom, J.W (2008). Perilaku dalam Organisasi, Jilid 1, edisi ketujuh. Penerbit Erlangga. Jakarta

Ghazali, I (2014). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hadi, S (2013). Statistik 2. Andi Offset, Jogjakarta.

Huda, M. (2015). Pengaruh pelatihan terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan di RS. BR Surabaya. Thesis Program Pascasarjana, fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus Surabaya.

Kreitner, R., and Kincichi, A (2010). Organizational Behavior, 3rd Edition, By. Richard D. Irwin Inc.Printed in The United State of America.

Mafra, N.U., dan Turipan. (2017). Pengaruh kepuasan kerja dan semangat kerja terhadap produktivitas kerja pegawai pada distrik navigasi Kelas I Palembang. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol. 2, No. 2, p: 34-40

Maheka, A. (2012). Bagaimana Mendirikan dan Mengelola Bisnis

Secara Baik dan Aman. Yogyakarta: Kanisius.

Mangkunegara, A.P (2006). Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Pertama.

PT. Refika Aditama, Bandung.

Mathis, R.L. and Jackson, J.H., (2012). Human Resource Management,

th Edition, South- Western Publishing, Ohio.

Munandar, A.S. (2012). Psikologi Industri dan Organisasi. Lembaga

Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3), Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Jakarta

Robbin, S.P (2013). Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi dan Aplikasi,

Jilid I, PT. Prehalindo Persada, Jakarta

Rusdiyanto. (2014). The Role of Human Resourches Research. Hand out,

diktat Kuliah, Universitas Surabaya. Fakultas Ilmu Ekonomi Manajemen.

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Stoltz, P.G. (2000). Adversity Quotoient, Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (diterjemahkan oleh T Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Sudarmanto (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM Teori, Dimensi dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Veithzal, R. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan

dari Teori ke Praktik. CetakanPertama, Jakarta : Penerbit PT. Raja Grafindo

Persada.

Widayat, (2010), Perilaku berinvestasi preseptif mixed method, Aditya Media Publishing, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v4i1.572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.