FAKTORYANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH AIR MINUM KEMASAN ”HK” DI DESA CENLECEN KECAMATAN PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : Permata untuk mengetahui pengaruh faktor marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, promosi dan tempat secara bersamaan terhadap keputusan konsumen dalam memilih air minum kemasan ”HK”di desa cenlecen kecamatan pakong kabupaten pamekasan. Serta ingin mengetahui faktor yang paling dominan dari keempat faktor tersebut.
Pengumpulan data pada penelitian ini adalah : dengan mengedarkan angket atau kuesioner, sebanyak 60 angket kepada responden. Dari Uji Validitas sebanyak 21 Item dinyatakan semualnya valid.Persamaan linier regresi berganda di hitung dengan metode SPSS 21
Dari persamaan nampak bahwa jika tanpa adanya faktor produk, harga, promosi dan tempat tersebut di atas : keputusan konsumen memilih air minum kemasan ”HK” di desa cenlecen kecamatan pakong kabupaten pamekasan sebesar 1,575%.
Pada hipotesis pertama : dengan uji F : F hitung sebesar 20,041 lebih besar dari F tabel sebesar 2,53 dan tingkat signifikasi 0,000 masih lebih kecil dari batas signifikasi hipotesis 0,05. Maka hipotesis pertama tersebut, benar dugaan ada pengaruh faktor marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, promosi dan tempat secara bersamaan terhadap keputusan konsumen dalam memilih air minum HK di desa cenlecen kecamatan pakong kabupaten pamekasan. Faktor yang paling dominan adalah faktor promosi yakni sebesar 57,30%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikonto Suharsimin, 2005, Manajemen Penelitian, edisirevisi, Jakarta : Penerbit PT Rineka Cipta
Darmawan, Didit, 2009, Dasar-Dasar Pemasaran. PT Metromedia Management, Surabaya
Malhotra, Naresh K. 2005, Marketing Research. New Jersey : Pearson Prentice Hall.
Nawang Prasti, Galuh. 2003, Analisis Pengaruh Persepsi Calon Konsumen Atas Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Siswa English First Bukit MasSurabaya. UNAIR
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta
Philip Kotler, 2007, Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. terjemahan Darmawan PT Indeks, Jakarta.
Purbadi, Budi. 2002, Riset Pemasaran ; Penerbit PT Grasindo. Jakarta
Sugiyono. 2005, Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta. Bandung
Swasta dan Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Edisi pertama, Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategis Pemasaran. Edisi kedua. Ceatakan Pertama Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Viera Walter E. 2002, Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi kedua. terjemahan Angipora, Marius. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v3i1.401
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing:
Aliansi:
Reference Manager:
View Statistic
Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index
Email: makro@unira.ac.id
MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.