FAKTORYANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH AIR MINUM KEMASAN ”HK” DI DESA CENLECEN KECAMATAN PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN

Mohammad Herman Djaja, Ria Marisa -

Abstract


Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah : Seiring dengan sejarah manusia dalam memenuhi kebutuhannya, ada pihak yang meminta dan ada pihak yang menawarkan. Pemasaran banyak menarik perhatian yang sangat besar baik dari perusahaan yang berskala internasional, nasional, maupun regional.Salah satunya produk yang menjadi kebutuhan manusia dalam sehariannya yaitu air minum dalam kemasan.
Tujuan penelitian ini adalah : Permata untuk mengetahui pengaruh faktor marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, promosi dan tempat secara bersamaan terhadap keputusan konsumen dalam memilih air minum kemasan ”HK”di desa cenlecen kecamatan pakong kabupaten pamekasan. Serta ingin mengetahui faktor yang paling dominan dari keempat faktor tersebut.
Pengumpulan data pada penelitian ini adalah : dengan mengedarkan angket atau kuesioner, sebanyak 60 angket kepada responden. Dari Uji Validitas sebanyak 21 Item dinyatakan semualnya valid.Persamaan linier regresi berganda di hitung dengan metode SPSS 21
Dari persamaan nampak bahwa jika tanpa adanya faktor produk, harga, promosi dan tempat tersebut di atas : keputusan konsumen memilih air minum kemasan ”HK” di desa cenlecen kecamatan pakong kabupaten pamekasan sebesar 1,575%.
Pada hipotesis pertama : dengan uji F : F hitung sebesar 20,041 lebih besar dari F tabel sebesar 2,53 dan tingkat signifikasi 0,000 masih lebih kecil dari batas signifikasi hipotesis 0,05. Maka hipotesis pertama tersebut, benar dugaan ada pengaruh faktor marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, promosi dan tempat secara bersamaan terhadap keputusan konsumen dalam memilih air minum HK di desa cenlecen kecamatan pakong kabupaten pamekasan. Faktor yang paling dominan adalah faktor promosi yakni sebesar 57,30%.

Keywords


Produk, Harga, Promosi dan Tempat

Full Text:

PDF

References


Arikonto Suharsimin, 2005, Manajemen Penelitian, edisirevisi, Jakarta : Penerbit PT Rineka Cipta

Darmawan, Didit, 2009, Dasar-Dasar Pemasaran. PT Metromedia Management, Surabaya

Malhotra, Naresh K. 2005, Marketing Research. New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Nawang Prasti, Galuh. 2003, Analisis Pengaruh Persepsi Calon Konsumen Atas Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Siswa English First Bukit MasSurabaya. UNAIR

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta

Philip Kotler, 2007, Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. terjemahan Darmawan PT Indeks, Jakarta.

Purbadi, Budi. 2002, Riset Pemasaran ; Penerbit PT Grasindo. Jakarta

Sugiyono. 2005, Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta. Bandung

Swasta dan Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Edisi pertama, Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategis Pemasaran. Edisi kedua. Ceatakan Pertama Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Viera Walter E. 2002, Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi kedua. terjemahan Angipora, Marius. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36467/makro.2018.03.01.06

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.