IMPLEMENTASI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN UNTUK MENGGUNAKAN LISTRIK PRABAYAR DI PT. PLN (PERSERO) AREA PAMEKASAN

Rachman - Hakim, Erva - Oktaviana

Abstract


Penulisan ini dilatar belakangi oleh PT. PLN (Persero) mengeluarkan produk baru yaitu Listrik Pra Bayar (LPB). Akan tetapi banyak konsumen yang awam atau tidak mengerti sama sekali tentang produk baru dari PT. PLN, maka PT. PLN (Persero) Area Pamekasan mengalami kesulitan dalam memasarkan produk barunya, padahal konsumen membutuhkan informasi untuk mengetahui keberadaan produk baru ini. Dalam hal ini sosialisasi LPB melalui sistem promosi dianggap tepat sebagai alat yang mudah untuk menginformasikan LPB ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi (Advertising, Personal Selling, Direct Marketing) terhadap minat pelanggan untuk menggunakan listrik prabayar di PT. PLN (Persero) Area Pamekasan. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah random sampling sebanyak 99 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda (multi linier regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (Advertising, Personal Selling, Direct Marketing) berpengaruh secara signifikan terhadap minat pelanggan untuk menggunakan listrik prabayar di PT. PLN (Persero) Area Pamekasan. Variabel yang lebih dominan memiliki pengaruh signifikan adalah direct marketing. Hasil ini mengindikasikan PT. PLN (Persero) Area Pamekasan harus memaksimalkan semua program direct marketing-nya karena hal ini terbukti paling efektif dalam meyakinkan pelanggan agar beralih ke listrik prabayar.

Keywords


Promosi, dan Minat Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Angipora. 2007. Perencanaan, Aplikasi, dan Pengembangan Indikator Kinerja Utama Bisnis dan Publik. Rajawali Pers; Jakarta.

Assauri.2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba Empat; Jakarta.

Chandra. 2006. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia; Jakarta.

Danim.2000. Memandu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. PustakaPelajar; Yogyakarta.

Ferdinand, A. 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen.Edisi 2, Seri Pustaka Kunci 03/BP UNDIP.

Isnain.2005. Strategi Promosi Yang Kreatif. Edisi Pertama.Cetakan Pertama.Gramedia Pustaka Utama; Jakarta.

Jefkins.2004. Sistem Perencanaan dan Penegendalian Manajemen: Sistem Melipat Ganda Kinerja Perusahaan. penerbit: Salemba Empat; Jakarta.

Santoso, Singgih. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik Dengan SPSS. BPFE; Yogyakarta.

Sudarmanto.2005. Metodelogi Sosial Konsep Prosedur Dan Konsep. Salemba Empat; Jakarta

Sugiono. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta; Bandung.

.2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Alfabeta; Jakarta.

Kotler. 2013. Manajemen Pemasaran. ANDI: Yogyakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Tiga. Salemba Empat: Jakarta.

Putri, Rahma. 2003. Promosi PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tanggerang Dalam Mendukung Brand Awerness listrik pintar.Skripsi. Universitas Bina: Nusantara.

Saladin, Djaslim. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama.Cetakan Keenam BPFE; Yogyakarta.

Shimp. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta CV; Bandung

Swastha. 2000. Dasar-Dasar Periklanan. Politeknik Pos Indonesia; Bandung.

Venina, Anggun.2010. Pengaruh Martketig Promosi Terhadap Penggunaan Listrik Prabayar (PT. PLN Persero Distribusi Jawa Barat Dan Banten).Skripsi. Universitas Telkom. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v3i1.397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.