PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA PADA PT. BANK JATIM, Tbk CABANG PAMEKASAN

Wahyu - Maulana

Abstract


ABSTRAK

 

Perusahaan untuk menggapai tujuannya maka aspek sumber daya manusianya haruslah yang kompetitif. Kinerja SDM merupakan ujung tombak pencapaian tersebut. Oleh karenanya, perusahaan harus memberikan kepuasan kerja kepada karyawannya agar kinerjanya optimal dan maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis mengambil tema penelitian yaitu tentang “Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Pada PT. Bank Jatim, Tbk Cabang Pamekasan”. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, kompensasi dan promosi jabatan terhadap kepuasan kerja, serta menganalisis pengaruh kepemimpinan, kompensasi dan promosi jabatan terhadap kinerja karyawan secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Populasi serta sampel dalam penelitian ini merupakan karyawan secara keseluruhan berjumlah 88 responden. Metode analisa data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitiannya adalah kepemimpinan dan kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan sedangkan promosi jabatan tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Kepemimpinan dan promosi jabatan berpengaruh terhadap kinerja karyawan sedangkan kompensasi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja merupakan variabel intervening diantara pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja dan diantara pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan sedangkan kepuasan kerja bukan merupakan variabel intervening diantara pengaruh promosi jabatan terhadap kinerja karyawan. Variabel promosi jabatan merupakan variabel dominan yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Kepemimpinan, Kompensasi, Promosi Jabatan, Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar. Erlangga: Jakarta.

Dubrin, Andrew J. 2005. Leadership (Terjemahan) Edisi Kedua. Prenada Media: Jakarta.

Gorda, I Gusti Ngurah. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Astabrata: Bali.

Handoko, Hani. 2012. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. BPFE: Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesepuluh. PT. Gunung Agung: Jakarta.

Hasibuan, Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Luthans, Fred. 2006. Organizational Behavior. Mc Graw-Hill Book Co Singapore: Singapura.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Andi: Yogyakarta.

Mahsun, Muhamad. 2009. Pengukuran Kinerja Sektor Publik Edisi Pertama. BPFE: Yogyakarta.

Manullang, Marihot. 2006. Manajemen Personalia. Gajah Mada University Press: Yogyakarta.

Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Ghalia Indonesia: Bogor.

Mondy, Wayne. 2008. Manajemen SDM Jilid 2. Erlangga: Jakarta.

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Salemba Empat: Jakarta.

Nitisemito, S. 2002. Perilaku Organisasi Perusahaan. Salemba Empat: Jakarta.

Saifuddin, Deni. 2015. Peningkatan Kinerja Melalui Motivasi Dan Promosi Jabatan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Bank Mandiri Cabang Jepara. Unpublished undergraduate thesis. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Edisi Dua. Bumi Aksara: Jakarta.

Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Refika Aditama: Bandung.

Shahab, Moh Ali. 2014. The Influence of Leadership and Work Attitudes toward Job Satisfaction and Performance of Employee. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR) Volume 2, Issue 5, June 2014, PP 69-77 ISSN 2349-0330 (Print) & ISSN 2349-0349 (Online) www.arcjournals.org. Dept. of Management, faculty of Economics, Sultan Agung University (UNISSULA) Semarang, Indonesia.

Siagian, Sondang. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Cetakan Pertama. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Sopiah. 2013. The Effect of Compensation toward Job Satisfaction and Job Performance of Outsourcing Employees of Syariah Banks in Malang Indonesia. International Journal of Learning & Development ISSN 2164-4063 2013, Vol. 3, No. 2. Dept. Of Management, State University of Malang.

Wahyudi, Bambang. 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia. Sulita: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v3i1.391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.