MOTIVASI KINERJA KARYAWAN PT PLN (PERSERO) SAMPANG
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan pada Kantor PT PLN (Persero) Sampang
Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT PLN (Persero) Sampang. Adapun sample yang digunakan sebanyak 25 responden dengan menggunakan tehnik random sampling. Sedangkan datanya diambil berdasarkan penyebaran angket kuisener
Penelitian ini menggunakan perhitungan analisa regresi linear berganda. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisa regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa Hasil perhitungan R yaitu menunjukkan gambaran pengaruh antara variabile bebas yatiu motivasi (X) terhadap variable terikat yaitu kinerja karyawan PT PLN (Persero) Sampang (Y) yaitu sebesar 0,724 atau 72,4% menunjukkan pengaruh antara variable bebas terhadap variabel terikat bersifat searah dan kuat
Hasil perhitungan dari besarnya R square diperoleh nilainya sebesar 0,524 atau 52,4% dapat dijelaskan bahwa sisanya sebesar 47,6% adalah faktor lain diluar faktor penelitian.
Dari hasil perhitungan uji t hitung untuk variabel bahwa kebutuhan fisiologis (X1) nilai t sebesar 7,941, kebutuhan rasa aman (X2) nilai t sebesar 6,767, kebutuhan social (X3) nilai t sebesar 5,668, kebutuhan penghargaan (X4) nilai t sebesar 5,661 dan kebutuhan aktualisasi diri (X5) nilai t sebesar 4,992 lebih besar dari t tabel 1,70
Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji t, ternyata dari kelima variabel tersebut, variable kebutuhan fisiologis (X1) nilai t nya paling besar. Dengan demikian variabel kebutuhan fisiologis (X1-1) adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja (X1) pegawai PT PLN (Persero) Sampang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atkinson Dalam Prof.J. Winardi, SE, Motivasi Dan Permotivasian Dalam Manajemen, Penerbit Raja Grafindo Perkasa, Jakarta, 2002
Douglas Mc Gregor Dalam M. Manullang, Dasar-Dasar Manajemen, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta, 2004
Djarwanto Dan Pangestu, Metodologi Penelitian, Edisi Pertama, Bandung, 1995.
Jones Dalam Prof. J Winardi, SE. Motivasi Dan Pemotivasian Dalam Manajemen, Penerbit Raja Grafindo Perkasa, Jakarta, 2002.
Jhon Dan M Hasan Sadili, Kamus Inggris Indonesia, YKPN, Jogyakarta, 1989
Henry Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Kesatu, YKPN, Jogyakarta, 2004
Husein Umar, Metodologi Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.
Amrullah dan Haris Budiono, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi ke dua, YKPN, Yogyakarta, 2004
M. Manullang, Dasar- Dasar Manajemen, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta, 2004
Stoner Dalam Sugionio, Metodologi Penelitian Administrasi, Cetakan Kesembilan, Alfa Beta, Bandung, 2002
Sugiono, Metodologi Penelitian Administrasi, Cetakan Kesembilan, Alfa Beta, Bandung, 2001
Singgih Santoso, Riset Pemasaran, Edisi Kedua, YKPN, Jogyakarta, 2002
Winardi. SE. Pengantar Manajemen, Cetakan ke dua, Yogyakarta, 2004
______Pengantar Manajemen, Cetakan ke satu, Yogyakarta, 2001
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v2i2.288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing:
Aliansi:
Reference Manager:
View Statistic
Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index
Email: makro@unira.ac.id
MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.