EVALUASI PENENTUAN HARGA JUAL DAN PENCAPAIAN TARGET LABA (STUDI KASUS PADA PABRIK TAHU TAQWA PAMEKASAN)

Rosy Aprieza Puspita Zandra

Abstract


Ukuran keberhasilan pengelolaan suatu bisnis dapat diukur dari laba yang dihasilkan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Pengetahuan mengenai konsep Full Costing dan Variable Costing dianggap penting agar perusahaan tidak keliru dalam memperhitungkan harga jual dan laba/rugi yang teliti. Demikian pula halnya dengan analisis biaya volume laba yang akan sangat bermanfaat untuk mengevaluasi pencapaian laba perusahaan dalam rencana perkembangan perusahaan, dimana realitanya membutuhkan suatu manajemen dan strategi yang tepat untuk mencapai hal tersebut. Penelitian ini bermaksud untuk mengevaluasi cara penentuan harga jual dan pencapaian target laba yang telah diterapkan perusahaan selama tahun 2014. Metode penelitian ini adalah deskriptif berdasar studi kasus pada Pabrik Tahu Taqwa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa; (1) Perusahaan menggunakan konsep perhitungan Full Costing dalam penentuan harga jual, (2) Target laba yang ditentukan sebesar 15% dari biaya produksi telah tercapai, (3) Penjualan perusahaan berada di titik impas, (4) Sesuai dengan konsep analisis biaya volume laba, diketahui bahwa harga jual yang ditentukan oleh perusahaan mempunyai selisih lebih atas harga jual yang seharusnya dibebankan pada produk, yaitu sebesar Rp 303; hal ini juga menyebabkan laba operasi menjadi lebih tinggi.

Keywords


HARGA JUAL, LABA

Full Text:

PDF

References


Hansen & Mowen. 1999. Akuntansi manajemen Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lamsihar. 2009. Analisis Perhitungan Biaya Volume Laba Untuk Mencapai Target Laba Pada PT Indoteras Sumatera Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Samahaty, Ricky Budiman. 2013. Analisis Biaya Volume Laba Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba Pada Hotel Sedona Manado, Jurnal EMBA, Hal 1009-1018.

Samryn, L.M. 2002. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiri, Slamet. 2009. Akuntansi Managemen. Yogyakarta: STIM YKPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v2i20.274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.