FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIK OFFERING YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Subhan - -, Jamilatus - Sirat

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Reputasi Auditor dan Financial Leverage baik parsial maupun simultan terhadap Under Pricing. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Reputasi Auditor dan Financial Leverage. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Under Pricing. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dalam bentuk angka-angka yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa dokumen yang merupakan data tertulis yang berhubungan dengan objek penelitian yang diterbitkan Bursa Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah Perusahaan perusahaan-perusahaan yang melakukan IPO yang terdaftar di BEI tahun 2012 sampai 2014. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil uji t dan uji F menujukkan bahwa Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Reputasi Auditor dan Financial Leverage tidak berpengaruh terhadap Under Pricing.

Keywords


Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Reputasi Auditor dan Financial Leverage dan Under Pricing

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. 2013, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 21 Edisi 7. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Hasanah, Akbar Alvian Dinnul. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Perdana Di Bursa Efek Indonesia. STIE MDP.

Handayani, Sri Retno (2008). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Under pricing pada Penawaran Umum Perdana (Studi Kasus pada Perusahaan Keuangan yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta Tahun 2000- 2006. Tesis. Semarang: Magister Manajemen, Universitas Diponegoro.

Kristiantari, Dewa I. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Under pricing Saham Pada Penawaran Saham Perdana Di Bursa Efek Indonesia . Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH. Vol 2, No. 2, Singaraja.

Martini, Dwi, Yolana Christina. 2005. Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Venomena Under pricing Pada Penawaran Saham Perdana Di BEJ 1994-2001. SNA VIII. Solo.

Nikmah, Triani Apriliani. 2006. Reputasi Penjamin Emisi, Reputasi Auditor, Persentase Penjamin Emisi, Ukuran Perusahaan Dan Fenomena under pricing. Studi Empiris Pada Bursa Efek Jakarta. SNA VIIII. Padang.

Sandiadji, Nugroho Bram. Analisis Faktor-FaktorYang Mempengaruhi Tingkat Under pricing Pada Penawaran Umun Perdana 1996-2002. Tesis. Universitas Diponogoro.

Supomo, Indriantoro. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen, Edisi Pertama.

Tobing, Christian Riolsen Lbn. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Under pricing Pada Perusahaan Yang Melakukan IPO Yang Terdaftar Di BEI Pada Tahun 2010-2012.

Prastica, Yurena. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Under pricing Pada Saat Penawaran Umum Saham Perdana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Vol. 1, No. 2, Maret 2012.

www.idx.co.id

Yulia, Muna. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Under pricing Penawaran Umum Perdana (IPO) Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Akuntansi Vol. 1, No. 2, Maret 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v2i20.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.