FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Subhan - -, Iin - Megawati

Abstract


Penetian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Return On Invesment, Solvabilitas, Current Ratio, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Ukuran perusahaan, Opini Auditor baik secara parsial maupun parsial terhadap audit delay. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan data yang di gunakan adalah data kuantitatif. Data kuantitatif dalam penelitian ini bersumber dari laporan keuangan perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Objek dalam peneilitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Adapun sampel yang digunakan dalan penelitian ini Perusahaan manufaktur sub sektor Transportasi tahun 2011, 2012 dan 2013. Tehnik analisa data menggunakan Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil Uji parsial menunjukkan bahwa Return On Invesment, Solvabilitas, Current Ratio, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Ukuran Perusahaan secara parsial tidak pengaruh terhadap audit delay, Sedangkan Opini Auditor berpengaruh terhadap audit delay. Secara simultan Return On Invesment, Solvabilitas, Current Ratio, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Ukuran Perusahaan dan opini audit tidak pengaruh terhadap audit delay.

Keywords


Return On Invesment, Solvabilitas, Current Ratio, Reputasi KAP, Ukuran perusahaan, Opini Auditor dan audit delay

Full Text:

PDF

References


Adrial, Doni. 2008. “ Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Opini Audit, dan Ukuran KAP Terhadap Lamanya Penyelesaian Audit Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI”. Jurnal Akuntansi November 2008.

Ashton, Alison Hubbard, 1991. Experience and Error Frequency Knowledge as Potential Determinants of Audit Expertise. The Accounting Review, 218-239.

Arens dan Loebbecke. 1996. Auditing.

Salemba Empat, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi IVSemarang: Badan Penerbit Universitas DiponegoroLaksono, Firman. 2014. “ Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay dan Ketepatan Waktu Publikasi Laporan Keuangan”. Jurnal Akuntansi Maret 2014.

Pratama, Baradha. 2014. “ Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay dan Timeliness pada Perusahaan Publik di Indonesia”. Jurnal Akuntansi Maret 2014

Surat Keputusan Menteri keuangan No. 470/KMK.017/1999

tertanggal 4 Oktober 1999 Sianturi, Romauli. 2014. “Faktor Yang

Menentukan Audit Delay dan Pengaruhnya Terhadap Reaksi Investor”. Jurnal Akuntansi Keuangan, Februari 2014

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta, cv, Bandung. Sularso, Sri. 2003. Metode Penelitian Akuntansi. Yogyakarta:

Penerbit BPFE Yogyakarta. www.idx.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v1i19.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.