PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN

Alfi Hasaniyah

Abstract


Penelitian ini menggunakan perhitungan analisa linear sederhana. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisa linear sederhana dapat diketahui

hubungankualitas pelayanan terhadap persepsi konsumennilai positif sebesar 0,967 atau 96,7%, Sedangkan persamaan regresi sederhananya sebagai berikut

:

Y = 0,23+ 0,826 X1 + 0,187 X2+ 0,027 X3 + 0,0012 X4+ 0,011 X5

Hasil perhitungan R sebesar 0,967 atau 96,7% yaitu menggambarkan pengaruh antara variable bebas terhadap variabel terikat bersifat searah dan kuat. Sedangkan nilai R squared atau determinan R sebesar 0,935 atau 93,5% artinya 6,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji t, ternyata variabel reliability (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empaty (X4) dan bukti fisik (X5) nilai t hitungnya lebih besar dibandingkan dengn t table. Dengan demikian hipotesis penelitian dapat dibuktikan kebenarannya bahwa pelayanan berpengaruh terhadap persepsi konsumen

Keywords


KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI KONSUMEN

Full Text:

PDF

References


Abdul Hakim, Statistik Induktif Untuk Ekonomi Dan Bisnis, Edisi I, Penerbit EKONOSIA, Yogyakarta, 2000

Anton Dajan, Pengantar Metode

Statistik, Jilid I, Penerbit LP3S, Jakarta 1986

Anwar P, Mangkunegara, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Cetakan Kedua, Penerbit PT. Refika Aditama, Bandung 2002

Bashu Swasta, Dan T.H. Handoko, Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, BPFE, Yogyakarta, 2000

Buchari Alma, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Edisi Kelima, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2000

Djarwanto, Mengenal Beberapa Uji Statistik Dalam Penelitian, Cetakan Pertama, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 1993

Engel. Et.al, Perilaku Konsumen, Jilid satu, Edisi Keenam, Binarupa Aksara, Jakarta, 1995

Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa,

Edisi Kedua, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2001

Imam Gozali, Aplikasi Analisa Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi 2, Penerbit Undip, Semarang, 2001

Kotler Philip, Manajemen

Pemasaran, Edisi Indonesia, Prenhalindo, Jakarta, 1997

Maholtra, Naresh, Marketing Research and Applied Orientation, Prentice Hall, New Jersey, 1999

Marius P. Angipora, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi revisi, Cetakan Kedua, Penerbit, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002

Moch. Nazir Metode Penelitian, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta, 1999

Payne, Adrian, Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta, 1993

Santoso Singgih, Buku Latihan SPSS statistic Parametrik, Alek Media Komputindo, Jakarta, 2002

Sugiono, Metode Penelitian Administradisi, Penerbit Alpha Beta, Bandung, 2001

Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Pt. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v1i1.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.