PENGARUH STAKEHOLDER TERHADAP PENGUNGKAPAN LAPORAN KEBERLANJUTAN PADA PERIODE 2020 - 2022

Deandra - Hasjim, Carmel - Meiden

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stakeholder, yang terdiri dari media, kepemilikan pemerintah, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan diversitas gender karyawan terhadap pengungkapan laporan keberlanjutan pada perusahaan yang terdaftar pada indeks SRIKEHATI, LQ45, JII (Jakarta Islamic Index), dan IDX BUMN20. Pengungkapan laporan keberlanjutan menjadi semakin penting dalam konteks bisnis modern, di mana perusahaan diharapkan untuk berkontribusi secara positif terhadap aspek sosial, lingkungan, dan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda pada data laporan keberlanjutan perusahaan dan karakteristik stakeholder yang diperoleh dari laporan tahunan dan dokumen perusahaan. Penelitian ini melibatkan 12 perusahaan sebagai sampel penelitian. Hasil analisis statistic diharapkan dapat mengungkapkan sejauh mana pengaruh masing – masing stakeholder terhadap tingkat pengungkapan laporan keberlanjutan perusahaan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa data telah memenuhi kriteria kesamaan koefisien, uji asumsi klasik, dan uji F pada tingkat signifikansi 0,015 atau 1,5%. Berdasarkan uji parsial (uji t), disimpulkan bahwa media memiliki dampak yang signifikan terhadap pengungkapan laporan keberlanjutan. Sedangkan, kepemilikan pemerintah, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan diversitas gender karyawan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan laporan keberlanjutan perusahaan.

Keywords


Media, Kepemilikan Pemerintah, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Diversitas Gender Karyawan, Pengungkapan Laporan Keberlanjutan

Full Text:

PDF

References


Astutik, Y., & Cantika Adinda Putri. (2021, January). Tolong Pak Erick! Karyawan BUMN Ini 8 Bulan Belum Gajian. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210105132855-4-213604/tolong-pak-erick-karyawan-bumn-ini-8-bulan-belum-gajian

Chaganti, R., & Damanpour, F. (1991). Institutional capital and firm performance. Strategic Management Journal, 12(7), 479–491.

COOPER, D. R., & SCHINDLER, P. S. (2014). BUSINESS RESEARCH METHODS (Twelve). Industrial

management—Research.

Demsetz, H., & Lehn, K. (1985). The Structure of Corporate Ownership: Causes and Consequences. Journal of Political Economy, 93(6), 1155–1177. https://doi.org/10.1086/261354

Dharmawan Krisna, A., & Suhardianto, N. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 18(2), 119–127. https://doi.org/10.9744/jak.18.2.119-128

Donaldson, T., & Preston, L. E. E. E. (1995). The Stakeholder Theory of the Corporation : Concepts , Evidence , and Implications. ? ? Academy of Management Review, 20(1), 65–91.

Eliya, S., & Suprapto, Y. (2022). Pengaruh Keberagaman Gender terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi Publik di Indonesia. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 2022–2045. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2024

Elkington, J. (1997). Enter the triple bottom line. The Triple Bottom Line: Does It All Add Up, 1, 1–16. https://doi.org/10.4324/9781849773348

Fama, E. F., Jensen, M. C., Journal,

S., & A, P. P. (2011). The University

of Chicago Separation of Ownership and Control SEPARATION OF OWNERSHIP AND CONTROL *. Control, 26(2), 301–325.

Gössling, T., & Vocht, C. (2007). Social role conceptions and CSR policy success. Journal of Business Ethics, 74(4), 363–372. https://doi.org/10.1007/s10551-007-9512-3

Harmoni, A. (2010). Media Richness Theory dan Potensi Website sebagai Media Komunikasi CSR oleh Perusahaan. Media Richness Theory Dan Potensi Website Sebagai Media Komunikasi CSR Oleh Perusahaan.

Hitipeuw, S. D., & Kuntari, Y. (2020). Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas, dan Media terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Management & Accounting Expose, 3(1), 40–51. https://doi.org/10.36441/mae.v3i1.135

Huang, C. L., & Kung, F. H. (2010). Drivers of Environmental Disclosure and Stakeholder Expectation: Evidence from Taiwan. Journal of Business Ethics, 96(3), 435–451. https://doi.org/10.1007/s10551-010-0476-3

McCombs, M., & Shaw, D. (2012). The Agenda-Setting function of mass media. Agenda Setting: Readings on Media, Public Opinion, and

Policymaking, 36(2), 17–26. https://doi.org/10.4324/9781315538389

Moore, J. G. (1990). Speaking of Gender edited by Elaine Showalter. Rocky Mountain Review, 44(1–2), 125–128. https://doi.org/10.1353/rmr.1990.0002

Porta, R. La, Lopez-de-Silanes, F., Shleifer, A., & Vishny, R. W. (1998). Law and Finance. Journal OfPolitical Economy, 106(6), 1113–1155.

Prastyawan, R., & Astuti, C. D. (2023). Pengaruh Inovasi Teknologi, Struktur Modal dan Struktur Kepemilikan terhadap Pengungkapan Laporan Keberlanjutan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 475–481. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.203

Siegel, D. S., & Vitaliano, D. F. (2007). An Empirical Analysis of the Strategic Use of CSR. Journal of Economics & Management Strategy, 16(3), 773–792.

Soliman, M. M., Ragab, A. A., & Eldin, M. B. (2014). Board composition, ownership structure

and voluntary disclosure: An

empirical study of the listed companies in Egypt. Corporate Ownership and Control, 11(2 E), 415–425. https://doi.org/10.22495/cocv11i2c4p6

Widowati, W. W., & Mutmainah, S. (2023). Faktor-faktor yang Memengaruhi Pengungkapan Laporan Keberlanjutan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018 - 2020). Diponegoro Journal of Accounting, 12(1), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/37821

Wulandari, A. A. A. I., & Sudana, I. P. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Manajemen, dan Leverage Pada Intensitas Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi, 22(2), 1445–1472. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/36894




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v9i1.2300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.