ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI BISNIS PADA RESTO TANNDESO PONDOK PESANTREN LINTANG SONGO

Rifqi Syarif Nasrulloh, Hasnaa Rizky Putri Qurrotu’aini, Febriani Wahyusari Nurcahyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT yang sesuai dengan kondisi Resto TanNdeso Pondok Pesantren Lintang Songo. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang mana pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Analisis data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa strategi pertumbuhan (growth) dan strategi WO (Weaknes, Opportunity) dengan cara melakukan inovasi dan perbaikan kualitas dari produk dapat mempertahankan serta meningkatkan kualitas layanan sehingga dapat menjaga citra baik Resto TanNdeso agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan yang lebih luas. Penetrasi pasar dapat dilakukan karena hubungan antara peluang dan kekuatan yang dimiliki Resto TanNdeso Pondok Pesantren Lintang Songo.


Keywords


Analisis SWOT, Strategi Bisnis

Full Text:

PDF

References


Aprilius, A., & Pono, M. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Restoran

Menggunakan Analisis Swot Dan Qspm (Quantitatif Strategic Planning) Di Restoran La Pizza Makassar. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 9(1), 53–61.

Assauri, S. (2017). Strategic Management. Raja Grafindo Persada.

Candana, D. M., & Afuan, M. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Cafe

Dapoer Enha Sago Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 151–162.

Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik Analisis SWOT. Quadrant.

Istijanto, M. M. (2013). Riset sumber daya manusia. Gramedia Pustaka

Utama.

Kurniawan, A. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis pada Ud. Sumber Urip. Agora, 6(2). Malonda, P. M., Moniharapon, S., & Loindong, S. S. R. (2019). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Bakso Baper Jogja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Miharja, K. (2018). Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Bisnis

Susu Murni Q-Milk. Jurnal Ecodemica, 2(1), 30–38.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v7i2.1630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.