Pendampingan Penyusunan Modul ajar Matematika dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusi

Ukti Raudhatul Jannah

Abstract


Abstrak
Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu guru dalam menyusun modul ajar matematika yang sesuai dengan prinsip pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang menyesuaikan materi dan metode pengajaran dengan kebutuhan dan kemampuan setiap siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Pendampingan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan, contoh modul ajar, serta bimbingan langsung kepada guru-guru di sekolah inklusi, agar mereka dapat menyusun modul yang tidak hanya efektif untuk siswa reguler, tetapi juga dapat diakses oleh siswa dengan kebutuhan khusus. Diharapkan melalui kegiatan ini, pembelajaran matematika di sekolah inklusi menjadi lebih inklusif, adil, dan dapat meningkatkan pencapaian belajar semua siswa.


Keywords


Modul Ajar, Matematika, Pembelajaran Berdiferensiasi, Sekolah Inklusi, Kebutuhan Khusus.

Full Text:

PDF

References


Dewi, H. (2023). Penerapan Model Gi-Gdl Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 328–336. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V8i2.519

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/Kr/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka (Issue 021)

Palayukan, H., Palengka, I., Langi, E. L., Triyan, S., & Saputra, N. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Calon Guru Bersama. 2(1), 39–44.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 413- 420.

Utari, Yuli P., Triyani, S., & Panglipur, I. R. (2023). Implementation Of Game-Based Learning Methods On Multiple And Division Counting Operations In Class Vii Smp Plus Raudlatul Muqorrobin Kalisat. 1(22), 117–123




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v4i2.2507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ukti Raudhatul Jannah



Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA

Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd

Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom

Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd

Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.