Pendampingan Implementasi dan Miskonsepsi Projek Penguatan Profil Pelajar Palajar di MI kabupaten Pamekasan

Fetty Nuritasari

Abstract


Pemerintah Indonesia berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan Kurikulum Merdeka dan penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Namun, implementasinya di lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama (Kemenag) masih menemui berbagai miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk meluruskan pemahaman dan implementasi P5 melalui pendampingan guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pamekasan. Metode pelaksanaan melibatkan koordinasi, pendampingan intensif, evaluasi, dan penyusunan luaran berupa artikel pengabdian. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa guru-guru MIN 1 Pamekasan mengalami peningkatan pemahaman tentang esensi P5 sebagai kegiatan berbasis projek yang berdiri sendiri, fleksibel, berfokus pada proses, dan tidak memerlukan biaya besar. Miskonsepsi yang umum ditemukan, seperti mengaitkan P5 dengan mata pelajaran, alokasi waktu yang kaku, dan fokus pada hasil akhir, berhasil diluruskan. Pendampingan berkelanjutan, kolaborasi antara guru, pemangku kepentingan, dan komunitas lokal, serta penguatan kapasitas guru melalui pelatihan menjadi kunci keberhasilan implementasi P5. Dengan demikian, P5 dapat menjadi instrumen efektif dalam membentuk siswa yang berkarakter, kreatif, dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Miskonsepsi, Madrasah Ibtidaiyah, Pendampingan

Full Text:

PDF

References


Dewi, H. (2023). Penerapan Model Gi-Gdl

Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar

Fisika Dalam Proyek Penguatan Profil

Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya

Ilmiah Guru, 8(2), 328–336.

Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V8i2.

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan

Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan

Asesmen Pendidikan Kementerian

Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan

Teknologi Nomor 009/H/Kr/2022

Tentang Dimensi, Elemen, Dan

Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada

Kurikulum Merdeka (Issue 021)

Palayukan, H., Palengka, I., Langi, E. L.,

Triyan, S., & Saputra, N. (2023).

Pelatihan Peningkatan Kompetensi

Calon Guru Bersama. 2(1), 39–44.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E.

(2022). Penguatan pendidikan karakter

melalui profil pelajar pancasila bagi guru

di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset

Tindakan Indonesia), 7(3), 413- 420.

Utari, Yuli P., Triyani, S., & Panglipur, I. R.

(2023). Implementation Of Game-Based

Learning Methods On Multiple And

Division Counting Operations In Class

Vii Smp Plus Raudlatul Muqorrobin

Kalisat. 1(22), 117–123




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v4i2.2503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fetty Nuritasari



Dewan Redaksi Jurnal Ngabdimas: UNIRA

Ketua Dewan Redaksi : Dr. Ukhti Raudhatul Jannah, M.Pd

Anggota Dewan Redaksi : 1. Dr. Faisal Estu Yulianto, M.T 2. Dr. Ir. Rszqina, M.P 3. Dr. Hasan Basri, M.Pd 4. Dr. Rachman Hakim, M.M 5. Moh. Zali, M.Agr 6. Fauzan Prasetyo Eka Putra M.Kom

Redaksi Pelaksana : Ainur Rofiq Hafsi, M.Pd

Administrasi dan Keuangan : Peci, S.Akt.