EEKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA SONAF LAN TAOLIN KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amsikan, S & Deda, N. Y. (2018). Memanfaatkan Potensi Lokal Kefamenanu Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru SMP. Bakti Cendana 1 (1), 32-40.
Amsikan, S dan Nahak, S. (2017). Hubungan Konsep Ruang Ume Kbubu Desa Kaenbaun Kabupaten Timor Tengah Utara dengan Konsep Geometri. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics.
Deda N.Y, & Disnawati,H. (2017). Hubungan Motif Kain Tenun Masyarakat Suku Dawan – Timor Dengan Matematika Sekolah. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan pembelajarannya II (KNPM II) Universitas Muhamadiyah Surakarta, 18 Maret 2017, hal.201-209.
Deda, N. Y. & Amsikan, S. (2019). Geometry Concept on the Motifs of Woven Fabric Kefamenanu Community. Jramathedu 4 (1), 23-30.
Dhofir, D. H., Nisa, S., & Zayyadi, M. (2019). Loteng (Selodor Bhanteng): Media Nostalgia dalam Menanamkan Konsep Matematika pada Anak Madura. Jurnal Elemen, 5(2), 220-230.
Funan, F.X dan Mamoh, O. (2019). Ekplorasi Etnomatematika Uem Le’u Insana Dalam Kaitannya Dengan Konsep Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1.
Inda, R. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Ejournal. Surabaya: FMIPA UNESA. di unduh tanggal 20 Februari 2018.
Munawwaroh, I. (2016). Etnomatematika Pada Tansaksi Jual Yang Dilakukan Pedagang Sayur Dalam Masyarakat Madura Di Paiton Probolinggo. Jember: Universitas Jember.
Said, A. A. (2004). Toraja simbolisme Unsur Visual Rumah Tradisional, penerbit: Ombak, Jogyakarta.
Senudin, Amelia Y. (2016). Studi Eksplorasi Etnomatematika Pada Lingko Lodok dalam Budaya Masyarakat Manggarai. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Son, A.L. (2017). Study Ethnomatematics: Pengungkapan Konsep Matematika dan Karakter Siswa pada Permainan Kelereng Masyarakat Suku Dawan. Journal Of MEDIVES 1 (2), 100-110
Wahyuni, A., Tias, A. W. A., dan Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, ISBN: 978-979-16353-9-4. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40.
Zayyadi, M., Hasanah, S. I., & Surahmi, E. (2018). Ethnomatematics Exploration in Traditional Games As A Form Of Student’Social Interaction. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 125-132.
Zayyadi, M. (2020). Etnomatematika Budaya Madura (Budaya Madura dan Matematika) (Vol. 128). Duta Media Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v7i1.966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index
Email: math@unira.ac.id
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.