PENGGUNAAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

Rika Sukmawati

Abstract


PENGGUNAAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

 

Rika Sukmawati1, Yenni2

,1,2Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Email : rikasukma75rika@gmail.com

 

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui gambaran peningkatan kemandirian belajar  mahasiswa dalam penggunaan lembar aktivitas siswa (LAS) pada pembelajaran matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester 1 tahun akademik 2019/2020 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Tangerang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, lembar observasi, lembar Aktivitas Siswa dan pengamatan dokumen dengan pengolahan data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian   mahasiswa meningkat berdasarkan indikator kemandirian belajar adalah kepercayaan diri 72%, disiplin 79%, inisiatif 61%, tanggung jawab 81% dan motivasi 97%.

 

Kata Kunci: Lembar Aktivitas Siswa; Matematika; Kemandirian Belajar


Keywords


Kata Kunci: Lembar Aktivitas Siswa; Matematika; Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Ayu, E. R., & Utaminingsih, D. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa The Correlation Between Parenting Patterns With Student Learning Independence. (1).

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XII IPA SMA Negeri16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1–18.

Fauziah, K. (2017). Analisis Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Fasilitas Belajar dan Keaktifan Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fitriasari, P., Tanzimah, T., & Sari, N. (2018). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Elemen, 4(1), 1.

Fitriyah & Indraswari. (2018). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Daya Nalar Mahasiswa melalui Pemberian Tugas Berstruktur dan Diskusi menggunakan Aplikasi Whatsaap. Jurnal Sigma, 4 no. 1, 20–28.

Hasanah, S. I., Hafsi, A. R., & Zayyadi, M. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Dalam Membangun Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 183-191.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan, 6(1), 40–55.

Iii, K., Negeri, S. D., & Aceh, B. (2017). Analisis Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(1), 70–81.

Jambi, R. F. U. (2019). Angket Kemandirian Belajar. 9, 7–35.

Pariska, I. S., Elniati, S., & Syafriandi. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik : Tinjauan teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rifa’i, M., && Nisa, R. (2019). Analisis Respon dan Kemandirian Belajar Mahasiswa STKIP Qomaruddin Gresik terhadap Penggunaan Modul Elektronik Kalkulus Berbasis Geogebra.SNHRP-II : Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, Ke-II, 2019, II, 55–62. Surabaya.

Sipayung, T. N., & Simanjuntak, S. D. (2018). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Matematika Kelas X SMA Dengan Penerapan Variasi Model Pembelajaran Kooperatif. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 151.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar : Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan Pada Peserta Didik. Seminar Tingkat Nasional. Yogyakarta: FPMIPA UNY.

Wati, R., Suyatna, A., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Pembelajaran Fluida Statis di SMAN 1 Kota Agung. Pembelajaran Fisika Univ. Lampung, 3(2), 99–109.

Zayyadi, M., Hasanah, S. I., & Muhaimin, A. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(4), 401-410.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v5i2.752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.