PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP HIMPUNAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI

Amir Mahmud, Lady Agustina, Anas Malik, Dhanar Dwi Hary Jatmiko

Abstract


Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VII A MTs Baiturrohman Salak Randuagung yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki. Penelitian Ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan analisis hasil belajar siswa untuk data pendukung pemahaman konsep siswa. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan diketahui bahwa perolehan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69% dan siklus II menjadi 89%. Meningkat 20%. Sedangkan untuk pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar 70% dengan 16 siswa tuntas belajar dan 7 siswa tidak tuntas belajar, sedangkan pada siklus ke II sebesar 83% dengan 19 siswa tuntas belajar dan 4 siswa tidak tuntas belajar. Mengalami peningkatan 13%. Berdasarkan pembahasan diatas menunjukkan bahwa penerapan inkuri, aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa  mengalami npeningkatan dari siklus I ke siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VII A MTs Baiturrohman Salaka Randuagung.

Keywords


Inkuiri, Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Anam, Khoirul. 2016. Pelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astria, Yuni. 2014. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X SMA Negeri 06 Kota Bengkulu. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 64(3): 74-79.

Maftukha, Siti. 2015. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bangun Datar Melalui Penerapan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas III SDN Pangkalan Margoyoso Pati. Jurnal Pendidikan Matematika, 48(2): 121-125

Purnamasari, Fauzyah, Eka. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Open Ended Bagi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 76(2): 146-150.

Putri, Farid, Dwi Yuli. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Citrodiwangsan 04. Skripsi tidak diterbitkan. Lumajang: Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lumajang.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Sukino, Wilson Simangungsong. 2007. Matematika Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, Wina. 2014.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung:Kencana Prenadamedia Group

Sardiman. 2013.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumberto. 2013. Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Matemtika Dengan Metode Inkuiri di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Padang Pio. Indonesian Journal Education, 82(2): 83-85.

Takari, Enjah. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Genesindo.

Widodo, Tri. 2012. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas IV MIM Ngwaru Plosorejo Matesih. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika, 54(2): 89-92.

Yanti, Yuli. 2009. Penerapan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Himpunan pada Sub Pokok Bahasan Himpunan Bagian Siswa Kelas VII C SMPN 3 Gerung. Skripsi Tidak Diterbitkan. Lombok: Pendidikan Matematika Universitas Negeri Lombok.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v3i2.387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.