ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Anggi Novita Kusumawardani, Nonik Indrawatiningsih, Vionita Dinar Prabandari

Abstract


Kemampuan berpikir kritis krusial dalam membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dan menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan agar dapat menggambarkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah matematika terakait materi perbandingan, dengan mempertimbangkan gaya belajar masing-masing. Tiga siswa dipilih sebagai subjek penelitian, sebagai perwakilan gaya belajar masing-masing siswa. Pemilihan dilakukan berdasarkan hasil ulangan harian, dengan kategori nilai 85 sebagai kemampuan tinggi, nilai 70 – 84 sebagai kemampuan sedang, dan nilai 70 sebagai kemampuan rendah. Data dikumpulkan melalui kuesioner gaya belajar, tes berpikir kritis, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditori cenderung menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang baik, terutama pada aspek analisis dan inferensi, kemampuan menyusun bentuk matematika yang tepat, serta menyampaikan penjelasan yang jelas, dan menyimpulkan jawaban dengan akurat. Sedangkan, siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik umumnya hanya menunjukkan kemampuan berpikir kritis pada tahap inferensi saja, yaitu dalam menyimpulkan jawaban secara tepat, namun belum maksimal dalam aspek lainnya.

Keywords


Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdul Jalil, A. J., Siskawati, F. S. S., & Rawati, T. N. I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Edukasi, 11(2), 166–181. https://doi.org/10.61672/judek.v11i2.2678

Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14–22. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p014

D.Kurniawati, et al. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420

Dhamayanti, N. W., Rasiman, R., & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(3), 249–259. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9857

Emirina. (2009). Angket Gaya Belajar. https://www.academia.edu/3888140/angket_GAYA_BELAJAR

Fianto; et al. (2025). Identifikasi Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Guna Mengaplikasikan Pembelajaran Berdiferensiasi. 110–116.

Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.256

John W. Creswell, J. D. C. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5 ed.). SAGE Publications, 2018.

Karim, A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 188–195. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154

Khotimah, K., Shodikin, A., & Tunggal, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(2), 88–101.

Kowiyah, K., Konita, A., & Andyra, R. (2024). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 6(1), 71. https://doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.12166

Laila Sulistiowati, D. (2024). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis. Linear: Journal of Mathematics Education, 5, 31–44.

Latifah, D., Prayito, M., & PGRI Semarang, U. (2024). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX ditinjau dari Gaya Belajar. 6(2), 66–74.

Miladina, R. A., Wulandari, T. C., & Zauri, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik pada Materi Statistika. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 18(20), 1–21.

Mulyawati, S. M. (2023). Pengaruh_Gaya_Belajar_Terhadap_Kemampuan_Berpikir_. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir, v3i3.2425(3), 243–249.

Mursari, C. (2020). Deskripsi Kemampuan Berikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(2), 40. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7345

Nugroho, G. N., & Riyanto, O. R. (2019). Mathematical Critical Thinking Ability Reviewed From Self-Efficacy in Discovery Learning. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 25–32. https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.4593

Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.694

Rini, D. S., Adisyahputra, & Sigit, D. V. (2020). Boosting student Critical Thinking Ability Through Project Based Learning, Motivation and Visual, Auditory, Kinesthetic Learning Style: A study on Ecosystem Topic. Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 37–44. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081806

Rizaldi, D. R., Makhrus, M., Fatimah, Z., & Pineda, C. I. S. (2021). The Relationship Between Learning Style and Critical Thinking Skills in Learning Kinetic Theory of Gases. Journal of Science and Science Education, 2(2), 72–76. https://doi.org/10.29303/jossed.v2i2.488

Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3222–3238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.828

Senides, E., Taunu, H., Matematika, P., Sosial, F. I., Kristen, U., & Wacana, W. (n.d.). Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Selvyanti Banni Ratu Mayun Erawati Nggaba. 132–140.

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); 2 ed.). ALFABETA,cv.

Susanti, E., & Hartono. (2019). An analysis Mathematical Problem Solving and Mathematical Critical Thinking Skills of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012071

Wasqita, R., Rahardi, R., & Muksar, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1501. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5029

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53–63.

Zeybek, G. (2017). An Investigation on Quantum Learning Model. International Journal of Modern Education Studies, 1(1), 16. https://doi.org/10.51383/ijonmes.2017.12




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v11i1.2655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.