ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Jalil, A. J., Siskawati, F. S. S., & Rawati, T. N. I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Edukasi, 11(2), 166–181. https://doi.org/10.61672/judek.v11i2.2678
Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14–22. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p014
D.Kurniawati, et al. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420
Dhamayanti, N. W., Rasiman, R., & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(3), 249–259. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9857
Emirina. (2009). Angket Gaya Belajar. https://www.academia.edu/3888140/angket_GAYA_BELAJAR
Fianto; et al. (2025). Identifikasi Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Guna Mengaplikasikan Pembelajaran Berdiferensiasi. 110–116.
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.256
John W. Creswell, J. D. C. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5 ed.). SAGE Publications, 2018.
Karim, A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 188–195. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154
Khotimah, K., Shodikin, A., & Tunggal, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(2), 88–101.
Kowiyah, K., Konita, A., & Andyra, R. (2024). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 6(1), 71. https://doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.12166
Laila Sulistiowati, D. (2024). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis. Linear: Journal of Mathematics Education, 5, 31–44.
Latifah, D., Prayito, M., & PGRI Semarang, U. (2024). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX ditinjau dari Gaya Belajar. 6(2), 66–74.
Miladina, R. A., Wulandari, T. C., & Zauri, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik pada Materi Statistika. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 18(20), 1–21.
Mulyawati, S. M. (2023). Pengaruh_Gaya_Belajar_Terhadap_Kemampuan_Berpikir_. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir, v3i3.2425(3), 243–249.
Mursari, C. (2020). Deskripsi Kemampuan Berikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(2), 40. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7345
Nugroho, G. N., & Riyanto, O. R. (2019). Mathematical Critical Thinking Ability Reviewed From Self-Efficacy in Discovery Learning. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 25–32. https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.4593
Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.694
Rini, D. S., Adisyahputra, & Sigit, D. V. (2020). Boosting student Critical Thinking Ability Through Project Based Learning, Motivation and Visual, Auditory, Kinesthetic Learning Style: A study on Ecosystem Topic. Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 37–44. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081806
Rizaldi, D. R., Makhrus, M., Fatimah, Z., & Pineda, C. I. S. (2021). The Relationship Between Learning Style and Critical Thinking Skills in Learning Kinetic Theory of Gases. Journal of Science and Science Education, 2(2), 72–76. https://doi.org/10.29303/jossed.v2i2.488
Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3222–3238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.828
Senides, E., Taunu, H., Matematika, P., Sosial, F. I., Kristen, U., & Wacana, W. (n.d.). Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Selvyanti Banni Ratu Mayun Erawati Nggaba. 132–140.
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); 2 ed.). ALFABETA,cv.
Susanti, E., & Hartono. (2019). An analysis Mathematical Problem Solving and Mathematical Critical Thinking Skills of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012071
Wasqita, R., Rahardi, R., & Muksar, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1501. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5029
Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53–63.
Zeybek, G. (2017). An Investigation on Quantum Learning Model. International Journal of Modern Education Studies, 1(1), 16. https://doi.org/10.51383/ijonmes.2017.12
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v11i1.2655
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index
Email: math@unira.ac.id
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.