Pengembangan E-Modul Interakif Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Nunu Nurhayati, Anggar Titis Prayitno, Ayu Septiani

Abstract


Penelitian ini berawal dari keprihatinan terhadap rendahnya pemahaman konsep matematika di kalangan siswa. Banyak dari mereka merasa kurang antusias saat belajar matematika, salah satunya karena pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah, sehingga mereka kurang dilibatkan secara aktif. Selain itu, belum tersedia buku pegangan khusus untuk siswa. Satu-satunya sumber belajar hanyalah buku milik guru yang kemudian mereka salin sendiri ke buku tulis. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah e-modul interaktif berbasis Project Based Learning (PjBL yang tidak hanya dinyatakan valid dan praktis, tetapi juga mampu membantu siswa lebih mudah memahami konsep-konsep matematika. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE, melibatkan 24 siswa kelas IX C di SMP Negeri 2 Lebakwangi. E-modul yang dikembangkan pun telah melalui proses penilaian oleh lima orang ahli di bidangnya, yaitu dua dosen pendidikan matematika, satu dosen sistem informasi, satu dosen desain komunikasi visual, serta satu guru matematika. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul ini sangat valid, dengan nilai 92,42% untuk aspek materi dan 83,75% untuk aspek media. Uji peningkatan pemahaman menggunakan N-Gain menunjukkan hasil 0,70 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Secara keseluruhan, e-modul interaktif berbasis PjBL ini dinilai valid, praktis, Serta dapat mendampingi siswa dalam memahami konsep-konsep matematika dengan cara yang lebih mudah dan bermakna.

Keywords


E-Modul Interaktif; Project Based Learning; Pemahaman Konsep Matematis

Full Text:

PDF

References


Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. JDPP : Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, SEMNASDIKJAR 2019, 37–44. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Stem Siswa Sma. Journal of Science Education And Practice, 3(2). https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep

Annisa, Syamsuri, & khaerunnisa, E. (2021). Kesulitan Siswa dalam Proses Matematisasi Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 97–108. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan

Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2021). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 259–267. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa

Buulolo, L. H. (2022). Pengembangan Modul Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiwa Keguruan, 1(2), 225–238. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU

Dewi, A. C., Yahya Muhammad, & Darmawang. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Kejuruan. Jurnal Konsepsi, 11(2), 373–379. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.

Fitriana, E., Ramalisa, Y., & Pasaribu, F. T. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis PjBL Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 64–73. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index

Gay, L., Mills, G. E., & Airasian, P. (1991). Educational Research Competencies for Analysis and Application. (Jeffery W. Johnston, Ed.; tenth). Pearson Education, Inc.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022a). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Hani, A., Ermiana, I., & Fauzi, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.7823

Imamah, N., & Wibowo, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Perubahan Wujud Benda Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(2), 43–55.

Jayanti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2022). Pengembangan Emometri (E-modul Trigonometri) dengan Project Based Learning Berbasis STEAM. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1116. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4881

Juwita, J., Rakhmawati, F., & Ammamiartha. (2024). Pengembangan E-Modul Menggunakan Software Flip PDF Professional pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. RELEVAN: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(5). : https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan

Kencana, P. C., & Rifa’i, R. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Inkuiri di SMAN 5 Bengkulu Selatan. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 233–241. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.233-241

Khoirunnisa, S., Kalsum, U., Timbu, D. L., Ngongo, O. B., & Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2).

Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S., & Fauziyyah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.1898

Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika siswa sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Ningsih, S. K., Amaliyah, A., Rini, C. P., Tangerang, U. M., & Tangerang, K. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/BJ.V2I1.48

Pangestu, A. A., Ifadah, L., & Muanayah, N. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Nilai Kognitif Siswa di SMP Maarif Tlogomulyo. JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipiner, 1(2), 70–83. http://journal.amorfati.id/index.php/jipsi||ISSN2962-918770https://journal.amorfati.id/index.php/jipsi

Putri, S. R., Hader, A. E., & Putri, A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Koto Baru. DE_JOURNAL, 4(2), 684–690. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Ridwan, T., Sutandi, Anwarudin, M. M., Nugraha, fajar M., Syah, M. fadlihan, Rizki, S., Mucholis, & Waluyo, S. (2022). Implementasi Model Projek Based Learning. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 3(2), 77–83.

Rohman, Syaifudin, & Astiwijaya, N. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 165–173.

Silalahi, R. A., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Journal on Education, 05(04), 14264–14275. http://jonedu.org/index.php/joe

Solehah, H., & Setiawan, D. (2023). Kurikulum Merdeka dan Penilaian Pembelajaran Matematika dalam Membangun Generasi Matematika yang Kompeten (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23929–23940.

Turnip, R. F., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Yuniarti, H., Setianingsih, R., & Surawati, I. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Prisma Dan Limas.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v11i1.2639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.