Penerapan Project Based Learning Yang Terintegrasi Dengan Media Wordwall
Abstract
Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Wordwall dalam dunia pendidikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa MTs X pada pembelajaran Matematika dengan PBL menggunakan media Wordwall. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk menelusuri proses pembelajaran projek based learning dengan mengintegrasikan media wordwall. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis permasalahan pembelajaran yang ada disekolah. Dengan melalukan wawancara kepada guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan metode Lesson Study dalam dua siklus penelitian untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil Media Wordwall yang diintegrasikan dengan pembelajaran berbasis Proyek oleh beberapa ahli dan respon siswa didapatkan hasil aplikasi sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran sehingga Media tersebut sangat valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan dalam membantu pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya PBL dalam memperbaiki hasil belajar siswa dan mengatasi tantangan dalam pembelajaran matematika, seperti kecemasan terhadap matematika. Dengan mengeksplorasi strategi ini, pendidik dapat mengembangkan pendekatan yang lebih holistik dan berorientasi pada siswa untuk meningkatkan pencapaian akademik mereka. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan PBL yang terintegrasi dengan teknologi seperti Wordwall dapat menjadi salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah, mempersiapkan siswa untuk menghadapi tuntutan abad ke-21, serta membangun fondasi yang kokoh dalam keterampilan pemecahan masalah dan literasi matematika. Dengan demikian, penelitian lebih lanjut dalam menggali potensi PBL dalam konteks pendidikan matematika masih sangat relevan dan berharga untuk diteruskan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., Karyono, H., & Rahayu, E. M. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif Di SMK. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 58–64. Https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1619
Annisa, M. 2000. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(3).
Batubara, H. H. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 3(1).
Hakim, L. L., Sulastri, Y. L., Mudrikah, A., & Ahmatika, D. (2019). STEM Project-Based Learning Models in Learning Mathematics to Develop 21st Century Skills. Proceedings of the International Conference of Science and Technology for the Internet of Things. Https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2281357
Qi, C., Lai, M. Y., Liu, L., Zuo, S., Liang, H., & Li, R. (2022). Examining Teachers’ Learning Through a Project-Based Learning Lesson Study: A Case Study in China. International Journal for Lesson and Learning Studies, 12(1), 106–119. Https://doi.org/10.1108/ijlls-09-2022-0127
Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., Mujib, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning (pjbl) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 47. Https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535
Rasvani, N. L. A., & Wulandari, I. G. A. A. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi MaCa (Materi Pecahan) Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 9(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v10i1.2480
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index
Email: math@unira.ac.id
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.