ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KEMAMPUAN RENDAH MENURUT TEORI WANKART DAN OREOVOCZ DITINJAU DARI GENDER

Lady Agustina, Goegoeh Pangestu, Rohmad Wahid Rhomdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kemampuan rendah menurut teori wankat dan oreovocz ditinjau dari perbedaan gender. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dari kelas tersebut diambil siswa kategori kemanmpuan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan, tes tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa perempuan dan siswa laki-laki, keduanya berada pada kategori rendah. Keduanya memiliki kemampuan pemecahan masalah yang setara dapat dikatakan keduanya masih belum memenuhi 3 tahapan pemecahan masalah menurut Wankart dan Oreovocz yaitu mengerjakan,mengecek kembali dan generalisasi. Keduanya hanya memenuhi 4 tahapan pemecahan masalah yaitu saya mampu atau bisa, mendefinisikan, mengeksplorasi, dan merencanakan. Sehingga berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sangat berpengaruh terhadap hasil pengerjaan siswa pada saat dihadapkan kesuatu permasalahan. Guru diharapkan dalam proses pembelajaran lebih sering memberikan soal pemecahan masalah agar dapat mengasah kemampuan pemecahan masalah siswa, dan setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengerjakan permasalahan, termasuk dalam kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.

Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 161–178.

Anwar, W. D. K., Agustina, Lady, & Firdausi, H. P. E. (2022). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 329–341.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.

Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 161–178.

Anwar, W. D. K., Agustina, Lady, & Firdausi, H. P. E. (2022). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 329–341.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.

Galatea, C. K., & Sari, N. A. . (2022). Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Dalam Menggunakan Soal Two Tier Multiple Choice. Jurnal Gammath, 7(2), 76–85.

Muti’ah, S., Rohman, N., & Hasanudin, C. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTS Darul Falah Terpadu Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gender. Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 7–17.

Purborini, S. D., & Hastari, R. C. (2018). Analisis Kemampuan Spasial Pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Derivat:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 49–58.

Safaria, S. A., Reski, A., & Patih, T. (2021). Studi Meta-Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Kulidawa, 2(1), 14–21.

Wulandari, N., Khairudin, & Niniwati1. (2015). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Wankat Dan Oreovocz Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTSN Balai Selasa. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–10.

Yustitia, V. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Mahasiswa Pgsd Unipa Surabaya Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Jpsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 117–128.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v10i1.2323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.