Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr EDU Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Sasti Jannati Naimah, Fury Styo Siskawati, A Mujib MT

Abstract


Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Assemblr Edu berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini digolongkan dalam jenis penelitian komparatif berpasangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Ishlah Mayang. Metode pengumpulan datanya meliputi metode tes dan dokumentasi dengan analisis data awal meliputi uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda dan uji normalitas kemudian untuk uji hipotesis menggunakan t tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil uji parametrik menggunakan uji Paired-Samples t-Test, yang menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, dimana (Ha): ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Assembrl Edu berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar MTs Al Ishlah Mayang, dan  (Ho): tidak ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Assembrl Edu berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar MTs Al Ishlah Mayang..

 

Kata Kunci: Assembrl Edu, Augmented Reality, hasil belajar

 

Abstract:

This research aims to determine the effect of using Augmented Reality-Based Assemblr Edu learning media on student learning outcomes in flat-sided geometric material. This research is classified as a type of paired comparative research with a quantitative approach. The sample in this research was class VIII students at MTs Al Ishlah Mayang. Data collection methods include test and documentation methods with data analysis including validity, reliability, difficulty level tests, distinguishing power tests, and normality tests, then for test hypothesis using t-test. Based on the research results, parametric test results were obtained using the Paired-Samples t-test, which showed a significance value of 0.00 < 0.05, so that the alternative hypothesis (Ha) was accepted and the null hypothesis (Ho) was rejected, where (Ha): there is an influence of the use of Augmented Reality-based Assembrl Edu learning media on student learning outcomes in the flat-sided spatial structure material MTs Al Ishlah Mayang, and (Ho): there is no influence of the use of Augmented Reality-based Assembrl Edu learning media on student learning outcomes in the spatial construction material flat side of MTs Al Ishlah Mayang.

 

Keywords: Assembrl Edu, Augmented Reality, learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Chairudin, M., Yustianingsih, T., & Aidah, Z. (2023). Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP / MTs. 4(2), 1312–1318.

Dewi et, al. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1961

Febrinigrum, D. P., & Purwaningsih, S. M. (2022). Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas Xi Ips Sman 8 Surabaya. Journal Pendidikan Sejarah, 13(1), 1–10.

Gunawan, S., & Widiati, S. (2019). Tuntutan Dan Tantangan Pendidik Dalam Teknologi di Dunia Pendidikan Di Era 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana, 594–601.

Hayati, D. A. (2022). Penerapan Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan …, 633–651.

Hidayat fahrul, D. (2023). Penggunaan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V-A Pada Materi Organ Gerak Manusia Di Min 2 Kota Surabaya. 31–41.

Hidayati, A., & Bibi, S. (2020). Teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran Pontianak Heritage. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 37. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1306

Lino Padang, F. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46

Siskawati, F. S., Irawati, T. N., & Salsabila, S. Z. (2024). The Development Of Learning Videos With The Problem-Solving Approach By Using Screencast O Matic. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1).

Sylvia, F., Ramdhan, B., & Windyariani, S. (2020). Efektivitas Augmented Reality Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Biodik, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.13034




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v9i2.2296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.