GOOGLE SITES: PEMANFAATAN DALAM PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL BAGI SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Indrianto Setyo Basori, Rika Wulandari, Ukhti Raudhatul Jannah, Erwin Hari Kurniawan

Abstract


Pendidikan di indonesia terus mengalami perkembangan secara cepat di era digital. Di era VUCA akronim dari Volatile (bergejolak), Uncertain (tidak pasti), Complex (komplek), dan Ambiguity (tidak jelas). Kebijakan Kepmendikbudristek mengedepankan keselamatan anak, tantangan yang sedang dihadapi guru, siswa dan orang tua yang semakin komplek maka mendorong guru untuk kreatif, inovatif dan menginspirasi bagi teman sejawat, siswa dan orang tua. Guru membimbing siswa dalam satu kelas belajar bersama, siswa diajak memahami materi, diskusi, praktikum bersama, menyimpulkan hasil belajar dan diakhir pembelajaran ada aktivitas kuis untuk mengetahui seberapa paham siswa tentang materi yang sedang dipelajari. (Habib, M. F, 2020). Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan Google Sites dalam pembelajaran online pada siswa kelas VI SD. Penelitian yang dilakukan sebelumnya pemanfaatan Google Sites sebagai media pembelajaran yang mudah dimanfaatkan dalam pembelajaran oleh guru dan siswa. Isi konten materi bagi siswa dalam pembelajaran online mudah diakses, dipahami dan disajikan menarik. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sample pada penelitian ini adalah 1 guru kelas VI SDN Negeri Pitu 1 Kec. Pitu Kab. Ngawi. Hasil analisis data media pembelajaran online (1) Google Sites sangat praktis digunakan, (2) Manfaat yang paling besar dari penggunaan Google Sites yaitu guru dapat merangkum aktivitas kelas di dalam aplikasi Google Sites dan siswa tidak lagi menggunakan banyak buku untuk belajar, cukup menerima materi yang sudah di buat oleh guru dengan tampilan yang menarik, (3) Guru lebih nyaman memanfaatkan Google Sites yang menyajikan materi dalam bentuk teks berwarna, gambar, video, dan audio.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Google Sites, Teknologi


Full Text:

PDF

References


Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20.

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic . Education and Social Sains (ACIEDSS 2019).

Basori, I. S. (2019). Membuat Blog Edukasi untuk Pemula. CV. Multimedia Edukasi. www.multidukasi.co.id

Basori, I. S. (2021). Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) diera Digital dengan Google Suite. I. CV. Multimedia Edukasi.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. . Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Kurniawan, M. A., Miftahillah, A., & Nasihah, N. M. (2018). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i1

Niki, M. R., Theodora Maasawet, E., & Susilo, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Menulis Laporan Ilmiah. BIODIK, 5(2), 96–108. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.6881

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online (1st ed.). Universitas Terbuka.

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Sidiq, U., & Choiri, Moh. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan In Journal of Chemical Information and Modeling (A. Mujahidin, Ed.; 1st ed.). CV. Nata Karya.

Syafriafdi, N. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(01), 1–8.

Waluyo, J. (2021). Persepsi Peserta Pelatihan Terhadap Pemanfaatan Google Sites Dalam Pembelajaran. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 9(2), 190–199. https://doi.org/10.36052/andragogi.v9i2.246

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Yuniarto, E., Widayanti, F. D., & Khasanah, R. (2021). Online Learning Management Using Google Sites in Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(2), 346–353. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2021.019.02.10




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v9i2.2198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.