ANALISIS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SOAL SPLDV

Riska Lisa Ayunda, Sri Hariyani, Timbul Yuwono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis pemahaman peserta didik dengan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan taksonomi bloom ditinjau dari gaya kognitif impulsif dan reflektif. Subjek penelitian ini adalah empat peserta didik kelas X Farmasi SMK Cendikia Madinah Dampit. Penelitian ini menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, tes gaya kognitif MFFT (Mathcing Familiar Figure Test), tes tulis dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah peserta didik dengan gaya kognitif impulsif cenderung banyak melakukan kekurangan ataupun kesalahan disetiap tahapan-tahapannya sedangkan peserta didik dengan gaya kognitif reflektif mampu memenuhi setiap tahapan-tahapan taksonomi bloom. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah karakter peserta didik begitu erat kaitannya dengan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar setiap guru wajib mengerti dan paham akan karakter masing-masing peserta didik yang sangat berpengaruh terhadap pemahaman masing-masing peserta didik.


Keywords


Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif, SPLDV, Taksonomi Bloom

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika.EKSAKTA (Jurnal Penlitian dan Pembelajaran MIPA), 1 (1):3

Aini, Putri Nur., Hariyani, Sri, & Suwanti, Vivi. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Menurut Honey Mumford. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 6 (2), 44-52.

Aprilia, dkk (2015). Proses Berpikir Siswa Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VII SMPN 11 Jember. Jurnal Edukasi, 2(3):31-37.

Giani, (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2)

Herianto & Hamid, Nurqiyamah. (2020). Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Siswa. Pedagogy, 5(2):38-49.

Innana (2018).Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermoral. JEKPEND (Jurnal Ekonomi Pendidikan), 1 (28).

Nurul Vidayanti, Titik Sugiarti, D.K. (2017). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Jember Ditinjau dari Gaya Belajar dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran. Jurnal Phenomenon : Universitas Islam Wali Songo Semarang, 8(1):137-144.

Prasanti, Ditha. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6(1):13-21.

Rahayu, Y.A., Winarso, W. (2018). Berfikir Kritis Siswa dalam Penyelesaikan Matematika Ditinjau dari Perbedaan Tipe Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1):1-11.

Rahmatina,S. (2014). Tingkat Berpikir Kreatif Peserta didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif. Jurnal Didaktik Matematika, 1 (1): 62-70.

Riding, R., & Rayner, S. (2013). Cognitive styles and learning strategies: Understanding style differences in learning and behavior. Routledge.

Rochika, N.D. & Cintamulya, I. Analisis Berpikir Kritis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Pelajaran Biologi melalui Model Means End Analysis (MEA) Menggunakan Media Visual. Proceding Biology Education Conference, 14(1):562-566.

Sangila, M.S., Safaria, S.A., Sarni. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Arias dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Al-Ta’dib, 10 (1): 37-54

Sholihah, D.A & Ali Mahmudi. (2015). Kefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Datar. JRPM (Jurnal Riset Pendidikan Matematika), 2 (2).

Siagian, M.D (2016) Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1):58-67.

Sunardiningsih, G.W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41-45.

Trianggraheni, R., Budiyono, Aryuna, D.R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Belajar Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 1(26):35-43

Yohanes, Feri & Sutriyono. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom dalam Menyelesaikan Soal Keliling dan Luas Segitiga bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1):23-35.

Qoiriyah. N., Susilo. Adi.A., Hariyani. S. (2021) Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman. SIGMA, 6(2):156-165.

Warli, W. (2014). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 20(2):190-201.




DOI: http://dx.doi.org/10.36513/sigma.v7i2.1286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cek Pengunjung

Indexed by:

  

Published by Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/index

Email: math@unira.ac.id 

Creative Commons License
SIGMA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.