Analisis Kebutuhan Jumlah Armada Angkutan Umum Trayek Terminal Benowo-Kalimas Barat (Lyn BJ) Kota Surabaya

Amrita Winaya

Abstract


 Wilayah Surabaya Barat mengalami perkembangan pesat dalam penggunaan lahan yang berdampak pada meningkatnya jumlah pergerakan. Angkutan kota Lyn BJ adalah salah satu trayek yang melayani pergerakan di wilayah Surabaya Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi terhadap jumlah armada angkutan kota Lyn BJ trayek Terminal Benowo-Kalimas Barat, serta mengemukakan alternatif solusi apabila diperlukan perubahan dalam jumlah armadanya. Beberapa parameter digunakan untuk mengevaluasi jumlah armada angkutan kota ini, yaitu terdiri atas faktor muat, kapasitas kendaraan, waktu sirkulasi, waktu henti kendaraan di terminal, dan waktu antara. Hasil yang diperoleh adalah tingkat penyediaan angkutan kota melebihi jumlah kebutuhan pergerakan penumpang, sehingga diperlukan pengurangan armada pada trayek tersebut 


Keywords


Angkutan kota, Lyn BJ, Jumlah Armada

Full Text:

PDF

References


Aviasti., Rukmana, Asep Nana., Jamaludin. Model Penentuan Jumlah Armada Angkutan Kota yang Optimal di Kota Bandung. Ethos. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat hal 173-180.

Febrianti, Ana., Mashuri. Studi Kebutuhan Angkutan Umum Penumpang Perkotaan di Kota Palu (Studi Kasus: Trayek Mamboro-Manonda). Universitas Tadulako. Palu. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Transportasi.

Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat. (2002). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur.

Mayyanti, Desti. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum di Kota Bogor (Studi Kasus: Trayek Angkutan Kota Nomor 03, 09, dan 09). Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Gunadarma.

Narendra, Alfa., Riyanto, Bambang. (2012). Evaluasi Pelayanan dan Kelayakan Trayek Angkutan Umum Perkotaan di Kota Semarang. Simposium III FSTPT.

Soeparno., Supriyatno, Dadang., Widayanti, Ari., Susanti, Anita. (2013). Evaluasi Kebutuhan Angkutan di Kota Surabaya dalam Rangka Studi Pergantian Moda Angkot Menjadi Bus Mini. Laporan Penelitian Kebijakan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.

Tabel Statistik. https://surabayakota.bps.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v2i1.186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats