Analisa Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Randudongkal PemalangDengan Menggunakan Metode Analisa Komponen 1987 dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017

Weimintoro ., Lukas ., Sandra Octaviani

Abstract


Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalangmerupakan jalan utama yang menghubungan antara Kecamatan Randudongkal dan Kecamatan Moga. Setiap harinya lalu lintas yang ada pada ruas jalan tersebut selalu padat, hal itulah yang mengakibatkan pada ruas jalan tersebut sering mengalami kerusakan.Maka dari itu perlu adanya perencanaan perkerasan jalan yang sesuai dengan metode perencanaan yang ada. Dalam penelitian ini akan merencanakan dan membandingkan antara metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan metode Analisa Komponen 1987 pada ruas jalan tersebut untuk menentukan metode yang paling efisien. Berdasarkan perhitungan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 diperoleh tebal perkerasan lentur AC-WC tebal 4 cm, AC-BC tebal 6 cm, AC-Base tebal 7,5 cm, CTB tebal 15 cm dan LPA Kelas A  tebal 15 cm dengan biaya Rp 4.848.240.000 pada Jalur Moga-Randudongkal dan Rp 4.652.712.000 pada jalur Randudongkal-Moga. Berdasarkan perhitungan metode Analisa Komponen 1987 diperoleh tebal perkerasan lentur pada Jalur Moga-Randudongkal menggunakan AC-WC tebal 4 cm, AC-BC tebal 6 cm, AC-Base tebal 7,5 cm dan Batu Pecah Kelas A tebal 24 cm dengan biaya Rp.4.357.625.00, dan pada jalur Randudongkal-Moga menggunakan AC-WC tebal 4 cm, AC-BC tebal 6 cm, AC-Base tebal 7,5 cm dan Batu Pecah Kelas A tebal 15 cm dengan biaya Rp.3.989.819.000.

 


Keywords


Analisa Komponen 1987, Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, RAB, Tebal Perkerasan Lentur

Full Text:

PDF

References


Amahoru, J., & Waas, R. H. (n.d.). Analisa Tebal

Lapis Perkerasan LenturMenggunakan Metode Manual Desain Perkerasan 2017 Pada Ruas Jalan Vila Indah-Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon | Amahoru | Manumata: Jurnal Ilmu Teknik. Retrieved July 25, 2022, from http://ejurnal.ukim.ac.id/index.php/manumata/article/view/588.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah.

(2004) Survai Pencacahan LaluLintas Dengan Cara Manual. No. Pd. T-19-2004-B.

DPU. (1987) Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan

Lentur Jalan Raya DenganMetode Analisa Komponen. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Pu.

Haikal, M. F., Arifin, A., & Putri, W. N. (N.D.). View Of Studi Perencanaantebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Bina Marga Mdpj 2017 (Pada Proyek Ruas Jalan Balige By Pass) M Fihkri Haikal1 , Abdul Ziray Arifin2 , Wirdatun Nafiah Putri3. Retrieved July 25, 2022, From Http://Ojs.Polmed.Ac.Id/Index.Php/Konsep2021/Article/View/620/230.

Hermawan, O. H. (2018). Pengaruh Perawatan

Terdapat Kuat Tekan Beton.Engineering : Jurnal Bidang Teknik, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.24905/ENG. V9I1.1195.

Kementrian Pekerjaan Umum. (2010).

Pemberlakukan Pedoman Cara UjiCalifornia Bearing Ratio (CBR) dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP). No. 04/SE/M/2010.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan

Rakyat Direktorat Jendral BinaMarga. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan 2017.No. 02/M/BM/2017.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan

Rakyat Direktorat Jendral BinaMarga. (2018). Spesifikasi Umum 2018 Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan.No. 06/SE/Db/2019.

Metekohy, J. G., & Talaohu, F. F. (2021).

Perencanaan Ulang Tebal PerkerasanLentur menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Ruas Jalan Piru-Waisala Seram Bagian Barat). KERN : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.33005/KERN.V7I1.56.

Sukirman, S., 2010, Perencanaan Tebal Struktur

Perkarasan Lentur, Bandung:NOVA.

Weimintoro, Hermawan, O. H., & Santoso, T. H.

(2021). Analisis PerencanaanTebal Perkerasan Lentur Jalan Dengan Menggunakan Metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 Dan Rencana Anggaran Biaya Konstruksinya Pada Ruas Jalan Banjaran – Balamoa. Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, 6(1), 21–25 https://doi.org/10.53712/RJRS.V6I1.1159.

Wijaya, R. (2021). Analisa Perbandingan Tebal Perkerasan lentur Dengan Metode Analisis Komponen Skbi 1987 Dan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 (Studi Khasus : Jalan Lingkar Stadion Palaran). Jurnal Keilmuan Dan Aplikasiteknik Sipil, 12(1). Http://Ejurnal.Untag-Smd.Ac.Id/Index.Php/Tek/Article/View /5971.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v7i2.1804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats