ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM ANTARA BUS DAN KERETA API TRAYEK KOTA SURABAYA – KOTA YOGYAKARTA

Mutiara Firdausi, Dewangga Firman Yulianto Putra

Abstract


Kota Yogyakarta merupakan kota wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kota termasuk juga kota Surabaya. Di kota ini perkembangan ilmu teknologi, ekonomi, transportasi, serta pembangunan sangat beragam, sehingga banyak sekali perjalanan menuju ke Yogyakarta salah satunya dari Surabaya. Moda transportasi yang dapat digunakan Surabaya ke Yogyakarta yaitu bus via tol transjawa dan kereta api yang akan dilakukan kajian lebih lanjut mengenai karakteristik dan probabilitas penumpang dalam pemilihan kedua moda tersebut. Penelitian ini menggunakan atribut pengaruh berupah selisih biaya perjalanan. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuisioner dengan metode stated preference. Permodelan dilakukan menggunakan model regresi linier berganda dengan metode logit binomial selisih. Model yang di dapat dari regresi adalah Y = 1.500 + 0.145 X2 + 0.077 X5 + -0.055 X9 + 0.052 X10 + -0.070 X11 + 0.000001608 X14 + -0.003 X15. Hasil yang diperoleh dari karakteristik penumpang terbanyak berjenis kelamin perempuan 52%, berpendapatan perbulan < 2 juta rupiah 35%, latar belakang menggunakan moda kecepatan waktu 24%, frekuensi menggunakan moda bus 29% dan kereta api 35% lebih dari 1 tahun, biaya perjalanan Rp. 100.000 30%, dan waktu perjalanan 5 jam 30 menit 28%, memilih menggunakan moda kereta api 51% dan atribut yang paling berpengaruh adalah biaya perjalanan maka probabilitas dengan menggunakan logit binomial selisih didapatkan hasil 13,43% memilih bus dan 86,57% memilih kereta api. Sehingga untuk mencapai 50% keatas memilih bus maka moda bus harus menurunkan tarif minimal Rp. 20.000 dari kereta api

Full Text:

PDF

References


Dyaning Wahyu Primasari, Jenny Ernawati, Agus Dwi W (2013). Pemilihan Moda Transportasi ke Kampus Oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya. Malang: Universitas Brawijaya Malang. Fidel Miro (2004). Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga Freddy Jansen dan Samuel Y.R.Rompis (2017). Model Pemilihan Moda Transportasi Dalam Provinsi. Manado: Universitas Sam Ratulangi. Ida Bagus Putu Widiarta (2010). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Untuk Perjalanan Kerja. Bali: Universitas Udayana Ludfi Djakfar, Amelia Kusuma Indriastuti, Akhmad Sya’ban Nasution (2010). Studi Karakteristik dan Model Pemilihan Moda Angkutan Mahasiswa Menuju Kampus (Sepeda Motor Atau Angkutan Umum) di Kota Malang. Malang: Universitas Brawijaya Malang. Oktaviani dan Andre Yudi Saputra (2015). Alternatif Pemilihan Moda Transportasi Umum (Studi Kasus: Bus dan Kereta Api Trayek Kota Padang – Kota Pariman). Pekan Baru: Universitas Negeri Padang. Rahmad Saputra, Renni Anggraini, M. Isya (2017). Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Menuju Tempat Kerja Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. ALFABETA. Tamin, ofyar Z. 2000. Perencanaan & Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB. Teguh Pujiyanto 2016. Analisa Pemilihan Moda Transportasi Penumpang Antara Bus dan Kereta Api Rute Purwodadi – Semarang. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v6i2.1447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats