Analisis Keterbacaan Informasi Bahasa Inggris di Stasiun Madiun

Armyta Puspitasari, Arinda Leliana

Abstract


Stasiun Madiun merupakan salah satu stasiun Besar yang berada di bawah DAOP 7 wilayah Madiun yang melayani perjalanan antar kota. Madiun merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan baik turis lokal maupun internasional.Studi ini bertujuan untuk mengetahui keterbacaan informasi berbahasa Inggris yang ada di Stasiun Madiun, dan adanya penambahan informasi selama diberlangsungkannya tatanan new normal dalam mengatasi penyebaran Covid-19. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan metode triangulasi. Keterbacaan informasi berbahasa Inggris di Stasiun Madiun dinilai cukup baik dengan ketersediaan informasi baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Selama pandemic Covid-19, Stasiun Madiun menambahkan informasi yang berkaitan denganpencegahan penyebaran Corona virus. Informasi tambahan tersebut meliputi ruang isolasi, alur evakuasi calon penumpang dengan hasilĀ  rapid test menunjukkan reaktif, SOP pemeriksaan rapid test, dan persyaratan dan alur penumpang kereta api.

Keywords


Keterbacaan, Informasi, , Stasiun Madiun

Full Text:

PDF

References


Aristantie, Fiki. (2011). Karya Tugas Akhir Perancangan Sign System Taman Satwa Taru Jurug. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Baines, Phil. (2008). Sign: Lettering in the Environtment. London : Laurence King Publishing.

Creswell, John W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka pelajar.

Leliana, Arinda., Widyastuti, Hera. (2018). Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Kinerja Pelayanan Di Stasiun Madiun. Teknologi Penerbangan, ISSN : 2548-8090 e-ISSN : 2548-8104. 2(2), 43-48.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Peraturan Menteri Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan MinimumAngkutan Orang Dengan Kereta Api, Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v5i2.1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats