RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH ODOT YANG DIBERI BIOURINE DENGAN METODE PENGAPLIKASIAN BERBEDA

Wahyudi - Wahyudi, Nurul Hidayati

Abstract


Penggunaan urine sapi sebagai biorine merupakan salah satu upaya mengurangi limbah peternakan dan menambah manfaat pada suatu usaha pertanian untuk meningkatkan kebutuhan dan produksi pakan ternak khususnya pada rumput gajah odot. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi rumput gajah odot yang diberi biorine dengan metode pengaplikasian yang berbeda. penelitian dilaksanakan di kebun hijauan pakan ternak Fakultas Peternakan Universitas Madura, bulan Juni sampai Juli 2022. Metode Penelitian ini merupakan metode eksperimen melalui penelitian kuantitatif, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan dan masing-masing diberikan 9 kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini merupakan B0 = Rumput gajah odot tanpa biourine, B1= Biourine dengan menyiramkan pada sekitar akar tanaman 7 ml/1000 ml air/ 9 polybag, B2 = Biourine 7 ml/1000 ml air/ 9 polybag dengan disemprotkan pada bagian tajuk tanaman, B3= Biourine dengan penyiraman dan penyemprotan 7 ml/ 1000 ml air/ 9 polybag. Parameter yang diukur merupakan tinggi tanaman, lebar daun, jumlah daun, jumlah anakan dan produksi segar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam (Anova). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Biorine memiliki pengaruh yang nyata pada tinggi tanaman dan produksi segar rumput gajah odot. Dengan produksitertinggi pada  perlakuan tertinggi B1 = Biourine yang disiramkan pada sekitar akar tanaman dengan 7ml/1000 ml air/ 9 polybag sebesar 72.22g diikuti perlakuan B3 62.78g, B2 55.00g, B0 26.57g.


Keywords


Biourine, Rumput Gajah Odot, Produksi

Full Text:

PDF

References


Aisyah, B., & et, a. (2011). Pengaruh Urine Sapi Terfermentasi Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Tumbuhan Tanaman Sawi. 2.

Amir, B. (2016). Pengaruh Perakaran Terhadap Penyerapan Nutrisi dan Sifat Fisiologis pada Tanaman Tomat. Jurnal Perbal, 4(1), 1-9.

Dapa, D. S. (2016). Pengaruh Pemberian Pupuk Urea, Biourine dan Kombinasinya Terhadap Tingkat Produktifitas Rumput Gajah Kate (Pennisetum Purpureum CV Moott) pada Setiap Umur Pemotongan. Denpasar: Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa.

Dharmayanti, N. K., Supadma, A. A., & Arthagam, I. D. (2013). Pengaruh Pemberian Biourine dan Dosis Pupuk Anorganik (NPK) Terhadap Beberapa Sifat Kimia Tanah Pegok dan Hasil Tanaman Bayam (Amaranthus Sp). E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika, 2(3), 165-174.

Fahriyani, Y. (2007). Pengaruh Pemberian Vermikompos Sampah Daun Terhadap Beberapa Sifat Fisik Tanah dan Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays L.) pada Alfisol Jatikerto.[Skripsi]. Bogor: Jurusan Tanah. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya Bogor.

Laras, M. M. dan Riszqina. (2022). Pengaruh Biourine Terhadap Pertumbuhan Tanaman Rumput Gajah (Pennisetum Purpureum) di Kelurahan Polagan Kabupaten Sampang. MADURANCH, 33-39.

Noveolla L dan Suparja. 2018. Pertumbuhan stek Aquilaria malaccensis LAM. Dengan pemberian biourine sapi. Bio-site 4(2): 68-77.

Sabri, B. 2019. Aplikasi urin sapi pada beberapa media tanam untuk perkecambahan kelapa sawit (Elaeis guineensis) di Pre Nursery. [Skripsi]. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Salisbury, FB dan CW Ross. 1995. Fisiologi Tumbuhan jilid III. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Urribarrí, I. (2005). . Leaf Protein from Ammonia-Treated Dwarf Elephant Grass. . Applied Biochemistry and Biotechnology.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/maduranch.v8i1.1759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  

Published by Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_peternakan_maduranch/index

Email: maduranch@unira.ac.id 

Creative Commons License
MADURANCH by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.