ANALISIS NILAI PERUSAHAAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

ALFIAN HALID SOFIAN

Abstract


Company value may reflect the assets owned by a company in the form of securities of one of them in the form of shares. The stock price traded on the stock exchange is an indicator of corporate value. Corporate value is influenced by many factors. This study aims examine the effect csr, profitability, liquidity, leverage and growth for the value of the company.
This research is a research using quantitative approach. The population in this study were all companies of Sharia Banks registered in Bank Indonesia, from the population used the total sampling method and the total population of 11 Sharia Commercial Banks became the sample. The data used is secondary data.
Data analysis used is path analysis with SPSS 23. The results show that CSR can contribute to corporate value, profitability can not contribute to corporate value, liquidity can contribute to firm value, leverage can contribute to firm value, and growth can not contribute to firm value.


Keywords


CSR, profitability, liquidity, leverage, growth, firm value

Full Text:

PDF

References


Adnantara, Komang Fridagustina. 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan

Saham dan Corporate Social Responsibility. Jurnal Buletin Studi

Ekonomi, Vol. 18, 108 No. 2,Agustus 2013

Ajija, Shochrul R. 2011. Cara Cerdas Menguasai E-Views. Jakarta:

Salemba Empat.

Cecilia, dkk. 2014. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility,

Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perkebunan yang Go Public di Indonesia, Malaysia, dan

Singapura.SNA 18. Universitas Sumatera Utara.

Cheng, Ming-Chang & Zuwei-Ching Tzeng. 2011. The Effect of Leverage

on Firm Value and How The Firm Financial Quality Influence on This

Effect. World Journal of Management Vol. 3. No. 2. September 2011 Pp. 30-53 Febrianti, Meiriska. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai

Perusahaan Pada Industri Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal bisnis dan akuntansi, Vol. 14, No. 2, Agustus 2012

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi kedua. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hardiningsih, Pancawati. 2012. Determinan Nilai Perusahaan. JAI Vol.5 , No.2, Juli 2009 : 231-250 Herawati, Titin. 2012. Pengaruh Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan

Hermuningsih, Sri. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity,

Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Oktober 2013.

Ikhlas Arfan, dan Herkulanus Bambang

Suprasto. 2008. Teori Akuntansi dan Riset Multiparadigma. Yogyakarta:

Graha ilmu.

Ekawati, Lilis, et al. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth, dan

Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung jawab Sosial Perusahaan.

Kusumayanti & Astika. 2016 Corporate Social Responsibility sebagai

Pemediasi Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Pada Nilai Perusahaan.

EJurnalAkuntansi Universitas Udayana. Vol.15.1 April (2016): 549-583.

Lako, Andreas 2011. Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis &

Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Mahendra, Alfredo, et al. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan Vol. 6, 137, No.

Agustus 2012.

Mardiyati, et al. 2012. Pengaruh Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang

Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010. Jurnal

Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012

Mariani, Eny Wayan, et al. 2016. Kemampuan Good Corporate Governance dan CSR Memoderasi Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas,

dan Profitabilitas Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.9 (2016): 2801-2836. ISSN : 2337-

Mokoagow, Sri Windarti & Misbach Fuady. 2015. Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Vol. 6,

No. 1, Juli 2015 Halaman : 33 – 62

Ogolmagai, Natalia. 2013. Leverage Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Manufaktur yang Go Public di Indonesia. Jurnal EMBA 82 : Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 81-89. ISSN 2303-1174

Parminto, Ardi, et al. 2016. The Effect of

Capital Structure, Firm Growth and Dividend Policy on Profitability and

Firm Value of the Oil Palm Plantation Companies in Indonesia. European

Journal of Business and Management. ISSN 2222-1905

(Paper) ISSN 2222-2839 (Online)Vol.8, No.33, 2016

Pradipta, Dyah Hayu & Supriyadi (2012) Pengaruh Corporate Social

Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, dan Komisaris

Independen Terhadap Praktik Penghindaran Pajak

Pramana, I Gusti Ngurah Agung & I Ketut Mustanda. 2016. Pengaruh

Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai

Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 2016: 561 - 594 ISSN: 2302-8912

Prasetyorini, Bhekti Fitri. 2013. Perngaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu manajemen, Vol. 1. No. 1

Sholichah, Wulan Aminatus & Andayani. 2015. Pengaruh Struktur

Kepemilikan, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 4. No. 10

William Sucuahi1 & Jay Mark Cambarihan1. 2016. Influence of Profitability to the Firm Value of Diversified Companies in the

Philippines. Accounting and Finance Research Vol. 5, No. 2; 2016

Sudiani, Ni Kadek Ayu dan Ni Putu Ayu Darmayanti. 2016. Pengaruh

Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan, dan Investment Oppurtunity Set Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.7, 2016: 4545-4547

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: CV. Alfabeta

Suharli, M. 2007. Pengaruh Profitability dan Investment Opportunity Set

Terhadap Kebijakan Dividen dengan Likuiditas Sebagai Variabel Penguat.

Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 9 (1): 9-17

Sujoko & Ugy Subiantoro. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan (Studi empirik pada perusahaan manufaktur dan non manufaktur di Bursa Efek Jakarta).

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, Maret

: 41-48 Supranto, J. 2008. Statistik Teori dan

Aplikasi. Edisi ketujuh. Penerbit: Erlangga

Syukron, Ali. 2015. CSR dalam Perspektif Islam dan Perbankan Syariah.Economic.

Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, Vol.5.No.1 Tjia, Olivia & Lulu Setiawati. 2012. Effect of CSR Disclosure to Value of the Firm: Study for Banking Industry in Indonesia World Journal of Social Sciences. Vol. 2. No. 6.

September 2012 Issue.

Toin, Dyah Rosna Yustani. 2014. Analisis Kinerja Perbankan (Studi

Komparasi Antara Perbankan Syariah Dan Konvensional). Jurnal

Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2, Juli 2014

Umro, Madinatul & Fidiana, 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibity dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Vol. 5.No.1




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v4i2.659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.