ANALISIS STRATEGI SOSIALISASI PASAR MODAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT BERINVESTASI DI ERA INDUSTRI 4.0

Ade Della Oktapia, Anggi - Andrian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan stimultan
beberapa variabel yang ada terhadap strategi sosialisasi pasar modal dan keputusan masyarakat terutama mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi berinvestasi di pasar modal di era Revolusi Industri (4.0). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data utama dari penelitian ini yaitu bersumber dari hasil responden dan data juga didapat dari studi kepustakaan.
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu : (a) adanya suatu hubungan yang
signifikan secara parsial antara sosialisasi pasar modal melalui seminar pasar modal berpengaruh terhadap keputusan responden untuk berinvestasi di pasar modal di Era Revolusi Industri (4.0). (b) Tidak adanya hubungan yang signifikan secara parsial antara sosialisasi dan pasar modal melalui kampanye “yuk nabung saham”berpengaruh terhadap keputusan responden untuk berinvestasi.(c) Tidak adanya hubungan yang signifikan secara parsial antara sosialisasi pasar modal melalalui aplikasi investasi (Invisee) tidak berpengaruh terhadap keputusan responden untuk berinvestasi di Era industri 4.0.(d) adanya suatu hubungan yang cukup signifikan secara simultan antara variable strategi sosialisasi pasar modal terhadap keputusan masyarakat berinvestasi di pasar modal pada Era Revolusi Industri(4.0).


Keywords


Pasar modal, Revolusi industri, keputusan berinvestasi, aplikasi investasi.

Full Text:

PDF

References


Erlina. (2015). Analisis pengaruh keputusan investasi, keputusan

pendanaan, kebijakan dividen dan tingkat suku bunga terhadap nilai

perusahaan.

Harry, N. (2017). KSEI Terus Upayakan Kemudahaan Pembukaan Rekening Investasi. 1–4.

Hoedi Prasetyo, W. S. (2018). Industri 4.0: telaah klasifikasi aspek dan

arah perkembangan riset. 13(1), 17–26.

Kustodian, P. T., & Efek, S. (2018). 21 Tahun KSEI : Inovasi Untuk

Kenyamanan Transaksi di Pasar Modal. 1–3.

Latifah, S. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN , MODAL MINIMAL DAN MOTIVASI INVESTASI TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI DI PASAR MODAL

SYARIAH ( Studi Pada GaleriInvestasi Syari ’ ah UMP ) SKRIPSI JURUSAN EKONOMI SYARI ’ AH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) PURWOKERTO.

Mar’ati, F. S. (n.d.). MENGENAL PASAR MODAL. 79–88.

Marianto, 2015. (2017). intensi berinvestasi dalam diri mahasiswa dan non- mahasiswa. 2–7.

Mubarok, F. K. (2018). Peran sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan minat investasi di pasar modal

syariah The role of socialization and education in growing interest in

investment in the sharia capital market. 14(2), 113–122.

Powell, J. (2019). Generali marketupdate. (February), 1–2.

Riyadi, A. (n.d.). analisis FAKTORFAKTOR YANG MEMPENGARUHI

MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI DI PASAR MODAL

(STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNISISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi.

Rohida, L., Sos, S., & Si, M. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4 . 0

terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. 6, 114–136.

Satya, V. E. (2018). STRATEGI INDONESIA MENGHADAPI.

Sulastyawati, D., Kurniawan, O., Modal, P., Berinvestasi, K., & Modal, P.

(n.d.). ANALISIS STRATEGI SOSIALISASI PASAR MODAL DAN.

Susilawati, R. A. E. (n.d.). REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PENGUMUMAN. 57–69.

Wibowo, A. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, KEBIJAKAN MODAL MINIMAL INVESTASI, DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP

MINAT INVESTASI (Studi Kasus Mahasiswa FE Unesa Yang Terdaftar Di Galeri Investasi FE Unesa). 7, 192–201.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v4i2.653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.