Pengaruh Faktor Harga, Tempat dan Waktu Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa PT. JNE Pamekasan
Abstract
Pemasaran termasuk salah satu kegiatan yang penting bagi perusahaan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya dan perkembangannya, serta untuk memperoleh keuntungan besar. Perusahaan penyedia jasa pengiriman merupakan perusahaan yang memiliki persaingan yang sangat tinggi. Semakin berkembangnya pesaing yang bergerak dibidang yang sama akhir-akhir ini
sangat ketat, maka perusahaan pengiriman jasa harus baik dalam produk, harga, promosi, lokasi,proses, karyawan, dan tampilan fisik, sehingga memberikan dampak bagi konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman namun konsumen tetap lebih condong menggunakan jasa pengiriman
PT. JNE. Hal ini dilakukan semata-mata bertujuan untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat dan membuat masyarakat menggunakan jasa pengiriman tersebut. Tujuan penelitian ini. Untuk mengetahui faktor pengaruh harga, tempat, dan waktu secara simultan terhadap keputusan konsumen untuk
menggunakan jasa pengiriman PT. JNE. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis dan sumber data data primer data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner terhadap responden tentang pengaruh harga, tempat, dan waktu, terhadap keputusan konsumen
menggunakan jasa pengiriman JNE. Sampel penelitian ini setiap responden yang menggunakan jasa PT JNE di Pamekasan. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, harga berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa pengiriman PT. JNE dengan koefisiensi negatif. Tempat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan jasa pengiriman PT. JNE dengan koefisiensi positif. Waktu berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dengan koefisiensi positif. Harga merupakan hal yang paling mempengaruhi terhadap keputusan konsuemen. Saran penelitian ini Sebaiknya jasa pengiriman PT. JNE terus mempertahankan faktor-faktor yang sudah berjalan dengan baik seperti harga, tempat dan waktu agar tetap menjadi salah satu pilihan konsumen dan juga dalam hal layanan jasa pengiriman PT.
JNE.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadhila, Risa. 2013. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Analisis
Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan
Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Universitas
Diponegoro, Semarang.
Fariza, Diana, 2008, “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi
Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan GSM Indosat
di Kota Semarang”, Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS
Semarang.
Hurriyati, A. 2005. Analisis faktor Kepuasan Pelanggan PT. JNE di Surabaya” Jurnal Riset Manajemen.
Kotler and Armstrong 2001. Manajemen pemasaran, Edisi kedelapan Jilid 1. Jakarta.
Kotler, Philip 2002. Manajemen pemasaran, Edisi Milinium Jilid 2.
Jakarta.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran (Pendekatan Praktis,
EdisiPertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nugroho, Marno dan Ratih Paramita, 2009, “Pengaruuh Store
Atmosphere, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian
Ditoko Buku Gramedia Jember” Universitas Jember
Nurhaeni, Nelly. 2014. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Analisis
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pemakaian Jasa. Universitas Diponegoro.
Rangkuti, Freddy. 2002. Manajemen Strategi. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama.
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Utama Nuris, Anwar. 2016. Pengaruh Harga, Citra Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Di Kecamatan Jambangan Surabaya.
Jurnal Manajemen Branchmarck. Surabaya
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v3i2.450
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing:
Aliansi:
Reference Manager:
View Statistic
Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index
Email: makro@unira.ac.id
MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.