IMPLEMENTASI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN MENGGUNAKAN LISTRIK PRABAYAR TERHADAP KENERJA PT. PLN (PERSERO) RAYON KETAPANG

Mohammad Amir Furqon, Taufik Rahman --, Syaiful -- --

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secara
simultan maupun parsial promosi (Advertising, Personal Selling, Direct Marketing) dan untuk mengetahui pengaruh yang lebih dominan terhadap minat pelanggan untuk menggunakan listrik prabayar di PT. PLN (Persero) Rayon Ketapang. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah random sampling sebanyak 99 sampel. Metode analisis ynag digunakan adalah metode regresi linier berganda (multi linier regression).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (Advertising, Personal
Selling, Direct Marketing) berpengaruh secara signifikan terhadap minat pelanggan untuk menggunakan listrik prabayar di PT. PLN (Persero) Rayon Ketapang. Variabel yang lebih dominan memiliki pengaruh signifikan adalah direct marketing. Nilai koefisien diterminan (R square) diperoleh 0,512, hal ini berarti bahwa minat pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel Advertising, Personal Selling, Direct Marketing) sebesar 51,2% sedangkan sisanya sebesar 48,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Keywords


Keyword : Promosi, Minat Pelanggan, dan Kinerja

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Angipora Mairus P. 2002. Dasar- Dasar Pemasaran. PT. Raja Girafindo

Persada;Jakarta.

----------------- 2007. Perencanaan, Aplikasi, dan Pengembangan Indikator Kinerja Utama Bisnis dan Publik, Rajawali Pers; Jakarta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT.Rineka

Cipta; Jakarta.

Assauri.2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba Empat ;Jakarta.

Chandra . 2006. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia; Jakarta.

Danim.2000. Memandu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Pelajar; Yogyakarta.

Ferdinand A. 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian

Manajemen. Edisi 2, Seri Pustaka Kunci 03/BP UNDIP.

Handoko, Dharmista. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. PT. Ghalia

Indonesia; Jakarta.

Harrison. 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT.Rhineka

Cipta ;Jakarta.

Isnain .2005. Strategi Promosi Yang Kreatif. Edisi Pertama.Cetakan Pertama. Gramedia Pustaka Utama; Jakarta.

Jefkins .2004. Sistem Perencanaan dan Penegendalian Manajemen: Sistem Melipat Ganda Kinerja Perusahaan. penerbit: Salemba Empat; Jakarta.

Santoso Singgih. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik Dengan SPSS. BPFE; Yogyakarta.

Sudarmanto.2005. Metodelogi Sosial Konsep Prosedur Dan Konsep. Salemba Empat; Jakarta.

Sugiono. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta; Bandung. 2003. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta; Bandung.

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitati

R&D. Alfabeta ; Jakarta.

Kotler, Philip. 2008 . Prisip-Prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 Erlangga;Jakarta.

Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Terjemahan.2013. Manajemen Pemasaran. ANDI: Yogyakarta.

Oroh, Sem G.2007. Penerapan Strategi Promosi pada Pemasaran Produk.

Federal Parts CV. Kanaka Jaya Manado.Universitas SamRatulangi; Manado.

Lupiyoadi Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. EdisiTiga. Salemba Empat:Jakarta.

Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif . PT.Remaja Rosdakarya: Bandung.

Nasution. 2009. Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito;

Bandung.

Rival dan Basri. 2004. Metodologi Penelitian. Edisi 1. Andi; Yogyakarta.

Saladin,djaslim. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama.Cetakan

Keenam BPFE; Yogyakarta.

Shimp . 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta CV;

Bandung.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Cetakan ke 11. CV. Alfabeta; Bandung.

Swastha . 2000. Dasar-Dasar Periklanan. Politeknik Pos Indonesia; Bandung.

Putri, Rahma. 2003. Promosi PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tanggerang Dalam Mendukung Brand Awerness listrik pintar.Universitas Bina: Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v3i2.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.