PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh atribut produk yang terdiri dari merek, kemasan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek AQUA di kelurahan Barurambat Timur. Data yang digunakan merupakan data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner atau angket langsung kepada masyarakat kelurahan Barurambat Timur sedangkan data sekunder yaitu laporan kependudukan di Kelurahan Barurambat Timur hanyalah sebagai pendukung. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 72 responden diambil dengan meggunakan metode Accidental Sampling. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS.
Variabel independen pada penelitian ini yaitu Atribut Produk (Merek, Kemasan, dan Kualitas Produk). Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel yaitu merek, kemasan, dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan menggunakan hasil penghitungan uji F yaitu F hitung sebesar 100,194 dan apabila dikonsultasikan dengan F tabel sebesar 2,73. Jadi F hitung > F tabel.
Sedangkan dari hasil penghitungan menggunakan uji t, variabel merek nilai t hitungnya sebesar 9,967, kemasan nilai t hitungnya sebesar 2,780, dan kualitas produk nilai t hitungnya sebesar 1,969, dan kalau dikonsultasikan dengan t tabel sebesar 1,995 sehingga didapat t hitung > t tabel maka dapat diambil kesimpulan dugaan bahwa atribut produk(X) yang terdiri dari merek (X1), kemasan (X2), dan kualitas produk (X3) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk air minum dalam krmasan merek AQUA dapat dibuktikan kebenarannya. Dari ketiga variabel tersebut, variabel merek (X1) nilai t nya paling besar. Dengan demikian variabel kualitas produk (X1) adalah variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek AQUA di Kelurahan Barurambat Timur, KecamatanPademawu, Kabupaten Pamekasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi revisi V; Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Cenadi, Christine Suharto. 2000. Peranan Desain KemasanDalam Dunia Pemasaran; Universitas Kristen Petra: NIRMANA Vol 2, No.1.
Fandy, Tjiptono. 2008 Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga; Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium; Jakarta: Prehallindo.
Kotler, P. & Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12; Alih bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga.
Natsir, Mohhammad. 2009. Metode Penelitian. Cetakan Ketujuh; Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rangkuti, F. 2002. Riset pemasaran; Jakarta: Gramedia Pustaka.
Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Cetakan ketiga; Bandung: Linda Karya.
Santoso, Singgih. 2003. SPSS Statistik Multivarial; Jakarta: PT.Elex media Komputindo.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D; Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ketujuhbelas; Bandung: Alfabeta.
Swasta, B. 2002. Manajemen Pemasaran,Analisa Perilaku Konsumen; Edisi Pertama, Yogyakarta.
Sumber Internet:
http://mulyojho.blogspot.co.id/2014/05/pengertian-produk-definisi-kualitas.html
http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2010/01/konsep-atribut-produk-marketing-mix.html
http://www.pendidikanekonomi.com/2013/02/pengertian-dasar-penetapan-dan-tujuan.html
http://www,kajianpustaka.com/2013/06/pengertian-dan-variabel-atribut-produk.html
http://www. aqua.com.html
http://rumushitung.com/2013/01/23/tabel-t-dan-cara-menggunakannya.html
http://www.portal-statistik.com/2014/05/cara-membaca-atau-melihat-tabel-f.htmL
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v2i2.289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing:
Aliansi:
Reference Manager:
View Statistic
Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index
Email: makro@unira.ac.id
MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.