IMPLEMENTASI PROMOSI DAN DISTRIBUSI LISTRIK PRABAYAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PT PLN (PERSERO) RAYON KETAPANG
Abstract
Penerapan strategi bauran pemasaran PT PLN (Persero) Rayon Ketapang, adalah sebagai berikut : 1. Product (produk),yaitu Listrik Prabayar (LPB), 2. Price (harga) Biaya Pasang Baru dan Migrasi, 3. Place (tempat),di PT. PLN (Persero) dan Balai Desa, 4. Promotion (promosi),dengan bentuk Brosur, Radio, Spanduk, Sosialisasi, 5. Word of Mouth, dari pelanggan ke calon pelanggan. Namun yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah promosi dan place atau saluran distribusi.
Hasil yang didapat pada strategi bauran pemasaran khususnya promosi dan distribusi PT. PLN (Persero) Rayon Ketapang, yaitu adanya pelanggan yang menginginkan untuk memakai listrik prabayar tersebut, sampai saat ini sudah mencapai 437 pelanggan.
Dalam menetapkan strategi bauran pemasaran khususnya promosi dan distribusi, hendaknya perusahaan lebih mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing variabel bauran pemasaran dan SDM yang ada, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan promosi yang maksimal. Dalam menerapkan startegi bauran pemasaran, PT. PLN (Persero) sering tidak menerapkan dengan baik, sehingga masih banyak masyarakat yang belum memahami produk tersebut, sehingga perlu diadakan evaluasi yang tepat di bidang pemasaran.
Keywords
References
Hasibuan, Malayu SP,. 2009. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kotler, Philip. 2008. Marketing Management. Pearson Education,inc
Robert, L. Mathis. Human Resource Management. Mason, Ohio: South-western
Thantawi.2000. Perencanaan Pemasaran dan Strategi. Malang: Lembaga Penertbit Universitas Brawijaya
Wibowo.2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Widjaya, Amin Tunggal. 2002. Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Whidya, Christina Utami. 2014. Manajemen Strategi dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v2i2.286
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing:
Aliansi:
Reference Manager:
View Statistic
Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index
Email: makro@unira.ac.id
MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.