KUALITAS JASA LAYANAN NASABAH PERUM PEGADAIAN PAMEKASAN

Alfi - Hasaniyah

Abstract


Perum Pegadaian sebagai lembaga keuangan non bank berperan dalam membantu pemerintah untuk memberdayakan masyarakat khususnya golongan ekonomi lemah yang pada saat ini banyak mengalami kesulitan sebagai akibat dari adanya dampak krisis ekonomi. Oleh karena itu melalui kredit gadai sebagai suatu solusi sesuai dengan prinsip yang dicanangkan oleh Perum Pegadaian yaitu “ Mengatasi masalah tanpa masalah.tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kualitas pelayanan yang terdiri dari faktor: keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan berwujud secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan Nasabah Perum Pegadaian Pamekasan dan untuk mengetahui manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Perum Pegadaian Pamekasan.
populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Pamekasan. sample yang digunakan sebanyak 60 responden dengan menggunakan tehnik random sampling. Sedangkan datanya diambil berdasarkan penyebaran angket kuisioner.
Penelitian ini menggunakan perhitungan analisa linear berganda. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisa linear berganda dapat diketahui bahwa Hasil perhitungan R dan R square Yaitu menunjukkan gambaran pengaruh antara variable bebas yang terdiri – dari: keandalan (X1) daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4) dan bukti fisik (X5) dengan variable terikat yaitu kepuasan nasabah Perum Pegadaian Pamekasan (Y). Yaitu sebesar 0,749 atau 74,9% menunjukkan pengaruh antara variable bebas terhadap variabel terikat bersifat searah dan kuat. Hasil perhitungan dari besarnya R square diperoleh nilainya sebesar 0,749 atau 74,9% dapat dijelaskan bahwa sisany6a sebesar 35,1% adalah faktor lain diluar faktor penelitian.
Pengujian dengan uji F diperoleh F hitung 13,445 > F sebesar 1,51 hal ini menujukkan bahwa variable keandalan (X1) daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4) dan bukti fisik (X5) secara simultan memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Perum Pegadaian Pamekasan (Y)
. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung untuk variabel keandalan (X1) sebesar 7,038, variabel daya tanggap (X2) sebesar 6,296, variabel jaminan (X3) sebesar 6,299, variabel empati (X4) sebesar 6,132 dan variabel bukti fisik (X5) sebesar 5,366 nilai t hitungnya lebih besar dari t tabel 1,671. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji t, ternyata dari kelima variabel tersebut, keandalan (X1) nilai t nya paling besar. Dengan demikian keandalan (X1) adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah Perum Pegadaian Pamekasan (Y)

Keywords


kualitas jasa layanan dan kepuasan nasabah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asssael, Henry, 1992, Consumer Behaviour and Marketing Action, Kent Publishing, Boston USA

Arikunto, Analisa, Perencanaan Pemasaran, Edisi I, BPFE, Yogyakarta, 1998

Dena Michelli, 1995, Perilaku konsumen, Edisi Ke Enam,jilid I, Binarupa Aksara, Jakarta

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit Andy Offset, Yogyakarta, 1997.

Kotler Philip, 1997, Manajemen Pemasaran, Edisi Indonesia, Prenhalindo, Jakarta

Misbah Sanusi, 1998, Strategi Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit Andy Offset, Yogyakarta

Murti dan Salamah. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis, Yogyakarta: Penerbit Andi

Philip Kotler, 2000. Menejemen Pemasaran; Jilid I Edisi 11. Penerbit PT. Intan Sejati Klaten

Rosady Ruslan, 2005. Metode Penelitian,Public Relation Ship And Communication Jakarta.

Supranto J, 1997, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Cetakan Kedua, Penerbit PT. Refika Aditama, Bandung

Sutopo dan Sumarno Adi, 2003, Sistim Pelayanan, Edisi Terjemahan, Binarupa Aksara, Jakarta

Santoso Sudiarto, 1992, Pengaruh Kualitas Jasa layanan Terhadap Prefensi Konsumen Membeli Pada Indomaret Malang, Skripsi, Universitas Muhammadyah Malang

Sutopo dan Sumarno Adi, 2003, Pelayanan Prima, LAN, Jakarta

Sugiono, 2001, Metode Penelitian Administradisi, Penerbit Alpha Beta, Bandung

Umar Husein, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Pustaka Utama, Jakarta

Sugiono, Metodologi Penelitian Administrasi, Cetakan Kesembilan, Alfa Beta, Bandung, 2002

Sutisna, 2001, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Pt. Remaja Rusdakarya, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v2i2.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.