PENGARUH GREEN MARKETING DAN MARKETING CAPABILITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DRW SKINCARE DI DIAH BEAUTY PAMEKASAN

Vinasinthiya - Vinasinthiya, Zainurrofiki Zainurrofiki, Mohammad Herman Djaja, Adriani - Kusuma

Abstract


Persaingan dalam dunia bisnis saat ini semakin ketat.Terutama bisnis di bidang kuliner yang merupakan bagian dari kebutuhan hidup masyarakat yang setiap hari di konsumsi. Hal ini membuat para pengusaha ingin bersaing satu sama lain untuk mengembangkan bisnis mereka, dengan cara meningkatkan kualitas produknya agar dapat menarik kepercayaan dan kepuasan pelanggan sehingga marketing capability mampu menguatkan perusahaan bisa bertahan di pasar. terdapat banyak faktor keputusan pembelian suatu produk yang perlu di pertimbangkan dan di perhatikan oleh suatu perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh simultan,parsial dan dominan variabel green marketing (X1). Marketing capability (X2) terhadap keputusan pembelian produk skincare drw di diah beautyPamekasan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Yang menjadi objek penelitian ini adalah seluruh konsumen diah beauty sebanyak 55 responden .sedangkan data di ambil berdasarkan penyebaran kuisioner, adapunmodel penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda denganmenggunakan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel green marketing (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,003 < 0.05 . marketing capability (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 .green marketing (X1) dan marketing capability (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel ( 32.308 >2.777 ) dan nilai signifikan 0,000 < 0.05. variabel marketing capability (X2) merupakan variabel paling dominan terhadap keputusan pembelian dengan nilai standardized coefficient sebesar 0,701.


Keywords


Green Marketing, Marketing Capability, Keputusan Pembelian

Full Text:

XML

References


Aldoko d, dkk (2016) pengaruh green marketing terhadap citra merek dan dampaknya pada keputusan pembelian (survey pada mahasiswa fakultas ilmu administrasi 2012/2013 universitas brawijaya yang melakukan pembelian produk tupperware) vol 40, no 2

Cynthia priskilla &saarce Elsye, Handoyo (2016) Analisa pengaruh marketing capabilities terhadap brand equity dan financial performance pada industri perhotelan di surabaya vol 4, no 2 (637-648)

Fanisa Tris Wardani (2023)pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel intervening (study pada konsumen produk AMDK ades di DKI jakarta)

Frans sudirjo dkk (2023) pengaruh capabilitas pemasaran, digital marketing dalam meningkatkan kinerja pemasaran UMKM di jawa barat . vol,5 no 1

Izzani, Tamara (2021) pengaruh green marketing dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada produk love beauty planet (study kasus digiant pasar minggu) vol 1, no2

Kritinae,dkk(2019)pengaruhsocialmedia,learningorientationterhadapmarketing capabilities UKM kerupuk ikan saluang di kalimantan tengah vol 14, no 2

Ratih indriyani& Alvin kurnia (2022) peran mediasi business adaptibility terhadap marketing capability dan innovation capability pada ukm amplang di samarinda vol 16, no 1

Raya Sulistyowati (2021) pengaruh strategi green marketing dan social media marketing terhadap keputusan pembelian kaos lokal kerjodalu vol ,no 3

Selvia Sapta Anggraini ( 2023) pengaruh green marketing dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk le mineral , vol 2, no 1

Susanto,andlusiatriahatmantihutami.(2021)Pengaruhgreenmarketing

,inovasi,danbrandimageterhadapminatbeli,jurnalilmiahmanajemen kesatuan vol 9, no 1

Sri widyanesti dan sitti masyithah (2018) Pengaruh supply chain management practices dan marketing capability terhadap firm performance melalui competitive advantage vol 8 ,no 2

Sugiyono. (2018) metode penilitian manajemen, pendekatan kuantitatif, kualitatif kombinasi, penelitian tindakan , penelitian evaluasi in CV ALVABETA (Vol 6)




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v10i1.2694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.