ANALISA KUALITAS PELAYANAN SERTA PENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH

Runik Puji Rahayu

Abstract


Dalam era perdagangan bebas, setiap perusahaan menghadapi persaingan yang ketat. Meningkatnya intensitas persaingan dari pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan daripada yang dilakukan oleh pesaing. Dengan demikian, hanya perusahaan yang berkualitas yang dapat bersaing dan menguasai pasar. Penelitian ini mengambil sampel secara random sebanyak 125 responden dari Masyarakat kecamatan Kota Pamekasan yang menjadi nasabah PT Asuransi Jiwasraya Pamekasan. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi linear ganda. PT Asuransi Jiwasraya Pamekasan adalah suatu lembaga yang bergerak dibidang jasa layanan perasuransian sehingga lebih berorientasi dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Berdasarkan hasil penelitian maka distribusi frekuensi jawaban responden adalah sebagai berikut: Variabel Bebas yaitu pelayanan (X) terdiri-dari: tepat waktu, akurasi pelayanan, kesopanan dan keteraturan, tanggungjawab, kelengkapan, kemudahan dan kenyamanan. Variabel Terikat yaitu Minat konsumen (Y) dengan indikator: kebutuhan, mencari informasi, evaluasi informasi, keputusan dan evaluasi layanan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar PT Asuransi Jiwasraya memberikan pelayanan terbaik terhadap semua nasabahnya. Selain itu PT Asuransi Jiwasraya Pamekasan juga bisa konsisten berupaya membangun komunikasi dengan para nasabahnya. Komunikasi ini antara lain dengan bagaimana menangani keluhan maupun pujian yang dilontarkan nasabah.Yang kemudian di tindak lanjuti dengan pengawasan yang sangat ketat dan cermat.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Keputusan Memilih

Full Text:

PDF

References


Danim dalam Fandy Tjiptono, 2000, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andy Offset, Yogyakarta

Djarwanto Ps, Pangestu Subagyo, 1995, Statistik Induktif, BPFE, Yogyakarta

Engel,James, 1994, Perilaku konsumen, Edisi Ke Enam,jilid I, Binarupa Aksara, Jakarta

Fandy Tjiptono, 2003, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Penerbit Andy Offset, Yogyakarta

Kerlinger, 2001, Metode Penelitian Administradisi, Penerbit Alpha Beta, Bandung

Lukman Denda Wijaya, 2006, Majalah Bulanan Internal BCA

Misbah Sanusi, 1998, Strategi Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit Andy Offset, Yogyakarta

Sudharmanto, 2005, Analisa Regresi Linear Berganda Dengan SPSS, Liberty, Yogyakarta

Santoso Singgih, 2002, Buku Latihan SPSS statistic Parametrik, Alek Media Komputindo, Jakarta

Sugiono, 2001, Metode Penelitian Administradisi, Penerbit Alpha Beta, Bandung

------------, 2003, Metode Penelitian Administradisi, Penerbit Alpha Beta, Bandung

Schnaar, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Pustaka Utama, Jakarta

Husein Umar, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Pustaka Utama, Jakarta

Yarnest, 2001, Metode Penelitian Administradisi, Penerbit Alpha Beta, Bandung

Zeithmal, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Pustaka Utama, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v2i20.269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.