ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN

Syaiful - Syaiful

Abstract


Kinerja pegawai layak untuk diteliti guna mengetahui keberhasilan dan tercapainya tujuan instansi atau organisasi. Tujuan penelitian yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai pada PT. Pos Indonesia (Persero) Pamekasan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pos Indoneseia (Persero) Pamekasan sebanyak 56 karyawan, sampel yang digunakan adalah 40 orang dan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. POS Indonesia Cabang Pamekasan. Artinya gaya kepemimpinan yang ada di PT. POS Indonesia Cabang Pamekasan bila sesuai dengan harapan karyawan dan berjalan dengan baik, maka kepuasan kerja yang dialami karyawan akan semakin tinggi. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. POS Indonesia Cabang Pamekasan. Artinya tinggi budaya organisasi yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan dari PT. POS Indonesia Cabang Pamekasan, maka kepuasan kerja karyawan akan semakin tinggi. Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. POS Indonesia Cabang Pamekasan. Artinya gaya kepemimpinan yang ada di PT. POS Indonesia Cabang Pamekasan bila sesuai dengan harapan karyawan dan berjalan dengan baik, maka kinerja karyawan akan semakin tinggi. Budaya organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. POS Indonesia Cabang Pamekasan. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. POS Indonesia Cabang Pamekasan.

Keywords


gaya kepemimpinan, budaya organisasi, kepuasan kerja, kinerja pegawai

Full Text:

PDF

References


Agus Prayetno, Ermayanti, Brahmasari, 2008, Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknyapada Kinerja perusahaan Studi pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesi, Jurnal Manajemen, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.

Armstrong M.1998 Performance Management. Tugu Publiser, Jakarta.

Bass, B.M. & Avolio, B.J. 1994.”Improving Organizational

Brahmasari Ida Ayu, 2004. Pengaruh Variabel Budaya Perusahaan terhadap Komitmen Karyawan dan Kinerja Perusahaan Kelompok Penerbitan Pers Jawa Pos, Disertasi Universitas Airlangga, Surabaya.

Celluci, Anthony J. & David L. De Vries, 1978, Mensuring Managerial Satidfaction: A Manual for The

M.J. SQ Technical Report II,Center for Creative Leadership.

Chen, Li Yueh, 2004, “Examining The Effect of Organization Culture and Leadership Behaviors on Organizational Commitment, Job Satisfaction, and Job Performance at Small and Middle Sized Firm of Taiwan”, Journal of American of Business, Cambridge.

Fuad, Mas’ud, 2004, Survai Diagnosis Organisasional : Konsep dan Aplikasi, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang : BPFE Undip,.

Griffin, Ricky W, 1980, “Relationships Among Individual, Task Design, and Leader Behavior Variables”, Academy of Management Journal, Vol. 23, No. 4, 665-683.

Harris, S.G., Mossholder, K.W. 1996. The Affective Implications of Perceived Congruence wit Culture Dimensions During Organizational Transformation. Journal of Management, 22, 527-547.

Hofstede G., Neuijen B., Ohayu D. dan Sander G., 1997, “Measuring Organizational Cultures : A Qualitative Study Across Twenty Cases”, Adminitrative Journal of Applied Psychology, 85 (5): 751-

Judge dan Bono, 2003, “Five-Factor Model of Personality and Transformational Leadership”,

Koesmono, Teman, 2005, “Pengaruh Budaya Science Quarterly, 35 : 285 – 316.

Kreitner, Robert. Angelo Kinicki. (2005). Perilaku Organisasi 2 (Edisi 5).Salemba Empat, Jakarta.

Lawler E. E., & Porter L. W., 1969, “The Effect of Performance on Job Satisfaction”, Industrial Relations, Vol.8, p.20-8.

Locke E. A., 1969, “What is Job Satisfaction?”, Organizational Behaviour and Human Performance, Vol.4, p.309-36.

Lok, Peter. 2004. The Effect of Organisational Culture and Leadership Style on Job Satisfaction and Organisation Commitmen: A Cross-national Comparison. Journal of Management Development, Vol 23 (4), hal 321-339.

Lund, Daulatram B., 2003, Organizational Culture and Job Satisfaction, Journal of Business & Industrial Marketing, Vol. 18 No. 3.

Luthans E.A., 1998, Organizational Behavior, Sixth Edition, Singapore: McGraw Hill Book Co.

Mangkunegara, AA Anwar Prabu, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

PT.Remaja Rosdakarya. Bandung.

Marcoulides, George A., Heck, Ronald H. 1993. Organizational Culture and Performance Proposing and Testing a Model. Organization Science, Vol. 4, No. 2.209-223.

Mariam Rani, 2009, Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja Karyawan sebagai Varibel Intervening studi pada Kantor Asuransi Jasa Indonesi Persero, Tesis Universitas Diponegoro, Semarang.

Nazir, Moh, 1999, Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nimran Umar, 2004. Perilaku Organisasi, Cetakan Ketiga, CV. Citra Media, Surabaya.

Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja Karyaan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah di Jawa Timur”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 7 no 2 hal 171-188. Surabaya : Universitas Katholik Widya Mandala.

Ostroff, Cheri, 1992, “The Relationship Between Satisfaction, Attitude and Performance: An Organizational Level Analysis”, Journal of Appplied Psychology, Vol 77, No. 5.

Pool, Steven W., 1997 The Relationship of Job Satisfaction With Substitutes of Leadership, Leadership Behavior, and Work Motivation, The Journal of Psychology, Vol. 13, May.

Rivai, Veithzal dan Dato’Ahmad Fawzi, 2004, Performance Apprisal; Sistem yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Raja Grafindo. Jakarta.

Robbins, Stephen, 2002, Essential of orgazational Behaviour ( Terjemahan) Edisi Ke-5, Airlangga, Jakarta.

Schein, E.H. 1991, Organizational Culture and Leadership, jossey, bass Publiser, San francisco.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v1i2.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.