ANALISIS ATAS LAPORAN REALISASI ANGGARAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN PAMEKASAN

Runik Puji Rahayu

Abstract


Laporan Realisasi anggaran merupakan jenis laporan keuangan daerah yang lebih dahulu dihasilkan sebelum kemudian diisyaratkan untuk membuat laporan neraca dan laporan aruskas.Anggaran dalam pemerintahan merupakan tulang punggung (back-bone) penyelenggaraan pemerintahan.Usaha pemerintah daerah dalam menggali sumber danayang berasal dari potensi daerah yang dimiliki serta kemampuan mengelola dan memanfaatkan sumber dana yang ada tercermin dalam anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Anggaran memiliki peran penting sebagai alat stabilisasi, distribusi, alokasi sumber daya publik, perencanaan dan pengendalian organisasi serta penilaian kinerja.Oleh karena itu laporan realisasi anggaran menjadi salah satu laporan pertanggung jawaban keuangan daerah yang utama.Dalam rangka pengelolaan keuangan daerah yang jujur, demokratis, efektif, efisien, ekonomis dankuntabel, analisis rasio keuangan terhadap pendapatan dan belanja daerah perlu dilaksanakan meskipun terdapat perbedaan kaidah pengakuntansiannya dengan laporan keuangan yang dimiliki perusahaan swasta.

Berdasarkan latar belakang diatas, perlu diteliti mengenai kinerja keuangan daerah di kabupaten Pamekasan, sehingga peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul: Analisis atas Laporan Realisasi Anggaran Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten Pamekasan (Studi Kasus Dinas Pu Bina Marga).


Keywords


ANGGARAN, KINERJA KEUANGAN

Full Text:

PDF

References


Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik,Suatu Pengantar. Erlangga: Jakarta.

Cherrya Dhia Wenny 2012. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten dan Kota Di Propinsi Sumatera Selatan.Jurnal Ilmiah STIE MDP Forum Bisnis Dan Kewirausahaan

Halim, Abdul. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat: Jakarta.

Hendra Arafat 2010, A nalisis Atas Laporan Realisasi Anggaran Untukmengukur Kinerja Keuangan Pemerintah Kota Batu.Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang.

Julliet Angel Gozaliem (2013), yang berjudul Analisis Pendapatan Dan Belanja Pada Pemerintah Kota Bitung.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mahmudi. 2010. Analisis Laporan Keuangan Pemerinntah Daerah.UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN: Yogyakarta.

Munawir. 2007. Analisis Laporan Keuangan.

Liberty: Yogyakarta.

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 23 Tahun 2014, 2014Tentang Pemerintah Daerah.

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 33 Tahun 2004, 2004.Tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010, 2010.Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan

.135

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2005, 2005.Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis.

Penerbit Alfabeta: Bandung.

Tanjung, Abdul Hafiz 2008.Akuntansi Pemerintah Daerah. Alfabeta: Bandung.

Wahyuni, Nanik. 2007. Analisis Rasio Untuk Mengukur Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Malang.Karya Ilmiah. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UIN MALIKI Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v1i1.244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.