ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PADA BADAN LAYANAN UMUM DENGAN METODE BALANCED SCORECARD

Citra Larashati

Abstract


Rumah Sakit Umum Daerah Pamekasan merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah yang tujuan utamanya bukan untuk mencari keuntungan, tetapi lebih kepada jasa konsumen. Selama ini dalam menilai kinerjanya, Rumah Sakit Umum Daerah Pamekasan hanya berfokus pada efisiensi pengelolaan dana yaitu dengan mengevaluasi anggaran pendapatan dan biaya apakah sudah dapat dibandingkan dengan realisasinya atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja rumah sakit apabila menggunakan Balanced Scorecard.

Dengan menggunakan Balanced Scorecard diharapkan rumah sakit dapat mengembangkan aspek keuangan dan non keuangan dalam melakukan penilaian kinerja, sehingga nantinya diharapkan bahwa rumah sakit mampu menjadi institusi yang dapat memberikan kepuasan kepada para konsumen, karyawan yang berkomitmen tinggi dan kemudian akan menghasilkan surplus yang memadai.

Penelitian dilakukan dengan mengambil data selama 3 tahun, yaitu dari tahun 2012-2014, menggunakan analisis komparatif dimana peneliti melakukan evaluasi kinerja rumah sakit antar periode. Data diperoleh melalui studi pustaka, data sekunder serta data primer Rumah Sakit Umum Pamekasan. Pengukuran kinerja keuangan dilihat dari pencapaian pendapatan dan perubahan biaya, perspektif pelanggan dilihat dari akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, kepuasan pelanggan, perspektif proses Bisnis Internal menggunakan jumlah penanganan keluhan, peningkatan pendapatan, Respons Times. Sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari retensi karyawan dan pelatihan karyawan.

Dari hasil penelitian dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa variasi pencapaian hasil.Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran masih dianggap kurang , sedangkanuntuk 3 perspektif lainnya dianggap sudah cukup baik. Maka, Balanced Scorecard cocok untuk diterapkan pada Rumah Sakit Umum Daerah Pamekasan karena Balanced Scorecard dapat memberikan gambaran yang lebih terstrukturdan menyeluruh dibandingkan dengan sistem tradisional yang masih digunakansampai saat ini.


Keywords


Kinerja, Balanced Scorecard, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Andari, 2009.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Manajerial Rumah Sakit Swadana Melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Surabaya

Anthony, Robert N dan Vijay Govindarajan.

Management Control System. Kurniawan Tjakrawala (Penerjemah).2005. Sistem Pengendalian Manajemen.Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Badan Layanan Umum Rumah Sakit, www.lapan.go.id. Diakses 2 Februari 2012

Depkeu, Badan Layanan Umumwww.depkes.go.id. Diakses 2

Februari 2012

Kaplan, Robert S and David P Norton, 1996.Balanced Scorecard, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Diterjemahkan oleh Peter R. Yosi Pasla PenerbitErlangga, Jakarta.

Lasdi, 2002.Analisis Penilaian Kinerja Organisasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Lynch dan Cross, 1993. Performance Measurement System, Handbook Of Cost Managemen, Peny.Barry Brinker, New York.

Mahmudi, 2005.Manajemen Kinerja Sektor Publik, UPP AMP YKPN,Yogyakarta.

Mardiasmo, 2002. Akuntansi Sektor Publik.

Andi BPFE, Yogyakarta.

Marlena, 2002.Penerapan Balanced Scorecard sebagai Tolok Ukur Kinerja Perusahaan Pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Malang, UniversitasMuhammadiyah Malang.

Mulyadi, 2005.Sistem Manajemen Strategik Berbasis Balanced Scorecard.

Cetakan Pertama, UPP AMP YKPN, Jakarta.

Mulyadi, 2001.Sistem Akuntansi. Salemba Empat, Jakarta.

Soetjipto, Budi W., 1997. Mengukur Kinerja Bisnis dengan Balanced Scorecard, Usahawan No. 06 Th XXVI, Juni 1997.

Sumarni dan Soeprihanto, 1998.Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan, Liberty.

Undang-Undang No. 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara.

Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 dan Peraturan Menteri Kesehatan No. 920/Menkes/Per/XII/86.

Yuwono, 2002.Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Kendal, Semarang

Yuwono, Soni, Edy Sukarno, Muhammad Ichsan, 2007. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard, Menuju Organisasi Yang Berfokus Pada Strategi. Cetakan Kelima, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v1i1.243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.