ANALISIS LOYALITASPELANGGANMENGGUNAKANVARIABEL KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA E-BUSINESS

Nawari Nawari

Abstract


Semakin luas, kompleks dan ketat paersaingan saat ini mebuat perusahaan dituntut untuk dapat melihat dan mencermati kesempatan dan peluang yang ada dan bisa menemukan strategi yang tepat untuk menciptakan suasana yang membuat pelanggan loyal terhadap apa yang perusahaan tawarkan, sebagai contoh peningkatan kualitas layanan yang harus ditingkatkan perusahaan serta membuat langkah agar supaya pelanggan tetap merasa puas dengan layanan yang perusahaan berikan.

Dalam penelitian ini untuk mengenalisis baik secara simultan dan parsial pengaruh positif antara variabel kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelangganpada pengguna layanan paytren.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data perimer yang diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner sebanyak 100 item pertanyaan dan pernyataan yang disebar menggunakan metode simple random sampling.Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linier berganda setelah data terlebih dahulu di uji validitas dan realibilitas.Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pelanggan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 9.030.Dan secara parsial variabel kualitas layanan berpengaruh positif sebesar 11.016 terhadap loyalitas pelanggan, dan variabel kepuasan pelanggan juga mempunyai pengaruh positif sebesar 275.131 terhadap layalitas pelanggan.


Full Text:

XML

References


Abdullah Thamrin & Tantri Francis 2014.Manajemen Pemasaran Jakarta: Rajawali Pers.

Anindita, Bernadetta Dwiyani, 2012. Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Tembalang Dari Dimensi Pelayanan (Studi Kasus Pada Alfamart Jl. Ngesrep Timur V / 69, Kota Semarang), Semarang,Universitas Diponegoro Semarang.

Hardiyanti Ratih, 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran, Pagilaran, Universitas Diponegoro Semarang.

Nasir Moh. 2014. Metode Penelitian cet. kesembilan.Bogor: Ghalia Indonesia

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy (2006). Manajemen Jasa. Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Dua, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Wibawa, I Made Dangsina, 2014. Analisis Pengaruh Promosi, Kelengkapan Produk, Kualitas Pelayanan, Kenyamanan Berbelanja Terhadap Keputusan Pembelian Pada Waserba Tenera Asahan, Semarang, Universitas Diponegoro Semarang.

Widyaratna, Chandra.Jurnal manajemen & kewirausahaan Vol. 3.2001. Analisis Kkepuasan dan Loyalitas konsumen Terhadap Tingkat Pembelian di Warung Bu Kris.uUniversitas Kristen Petra, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v2i1.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.