PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK DAN INSTAGRAM DALAM MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN

Hendra - Prasetya

Abstract


ABSTRAK

     Aplikasi Tik Tok dan Instagram dapat dijadikan sebagai media promosi. Permasalahan yang diteliti adalah apakah penggunaan aplikasi Tik Tok dan Instagram secara parsial berpengaruh positif dan signifkan terhadap minat beli produk Scarlet Whitening. Tujuannya untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan aplikasi Tik Tok dan Instagram terhadap minat beli konsumen pada produk Scarlet Whitening. Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Jenis penelitiannya adalah eksplanatori dan pendekatannya secara kuantitatif. Variabel bebas yang diteliti yaitu aplikasi Tik Tok dan aplikasi Instagram , sedangkan yang menjadi variabel terikat adalah minat beli. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Analisisnya menggunakan regresi linier berganda dan uji t. Hasilnya adalah penggunaan aplikasi Tik Tok dan Instagram sebagai media promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk Scarlet Whitening pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

     Kata kunci: Aplikasi Tik Tok, Aplikasi Instagram, Media Promosi, Minat Beli

 

 

 

ABSTRACT

     Tik Tok and Instagram applications can be used as promotional media. The problem studied is whether the use of the Tik Tok and Instagram applications partially has a positive and significant effect on buying Scarlet Whitening products. The purpose of this study was to determine the significance of the effect of using the Tik Tok and Instagram applications on consumer buying interest in Scarlet Whitening products. The population is students of the Faculty of Economics and Business, Wijaya Kusuma University, Surabaya, while determining the sample using purposive sampling. The number of samples is 100 respondents. The type of research is explanatory and the approach is quantitative. The variables that can be studied are the Tik Tok application and the Instagram application, while the variable that becomes the variable is buying interest. Data were collected through the distribution of questionnaires. The analysis uses multiple linear regression and t test. The result is that the use of Tik Tok and Instagram applications as promotional media partially has a positive and significant effect on buying interest in Scarlet Whitening products in students of the Faculty of Economics and Business, Wijaya Kusuma University, Surabaya.

     Keywords: Tik Tok Application, Instagram Application, Promotional Media, Buying Interest


Full Text:

PDF

References


Ariesandy, P. dan D. A. Zuliestiana. 2019. Pengaruh Social Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Ladyfameshop. E-Proceeding Of Management, 6(2), 2767-2772.

Atmoko, B. D. 2012. Instagram Handbook. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.

Dewa, C. B. dan L. A. Safitri. 2021. Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi COVID-19: (Studi Kasus Akun Tik Tok Javafoodie). Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71.

Febrina, C. D. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Advertising Value Pada Instagram Terhadap Minat Beli: (Studi Kasus Pada Mahasiswa UAJY). Skripsi. Sistem Informasi. Universitas Atma Jaya. Yogyakarta.

Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit universitas Diponegoro. Semarang.

Fitri, A. I. dan S. A. I. Dwiyanti. 2021. Efektifitas Media Tik Tok dan Influencer Mendongkrak Penjualan Lippe Serum Raecca Di Pandemi COVID19. Jurnal EKMBI, 4(1), 345-353;. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/29/indonesia-jadi-pasar-kedua-terbesar-tiktok-di-dunia-pada-2020. Diakses tanggal 22 Oktober 2021.

Johansson,A. And M. Gustavsson. 2014. Consumer Trust In E-Commerce. The Department Of Business Studies, International Business Program, FEC, 685 Bachelor Dissertation. Cristianstad University, Sweden.

Jovita, C. dan D. R. Indika. 2017. Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25-32.

Kibtyah, M. R. 2021. Pengaruh Video Advertising Pada Platform Digital Tik Tok Terhadap Minat Membeli. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop And National Seminar. 1279-1285.

Kotler, P. Dan K. L. Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education Limited. New Jersey.

Kristia, S. E. dan Harti. 2021. Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk UKM DM-SEAFOOD. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(3), 1428-1438.

Mumtaz, Z. S. Dan Saino. 2021. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi Dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan. Jurnal Manajemen, 13(2), 282-291.

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v7i2.1596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.