IMPLEMENTASI PROGRAM PEMENUHAN KEBUTUHAN FISIK PADA LANJUT USIA TERLANTAR

Bhrahim -- Isnanda, Tukiman - -

Abstract


ABSTRAKPeningkatan usia harapan hidup yang semakin membanyak akan berbenturan dengan kuantitas lanjut usia (lansia) tiap tahunnya. Dengan semakin bertambahnya jumlah harapan hidup penduduk, menjadikan jumlah penduduk lanjut usia terus bertambah dari setiap tahun. Fenomena meningkatnya jumlah penduduk lanjut usia dapat menimbulkan permasalahan global. Disisi lain kesadaran penduduk lanjut usia untuk mempersiapkan masa tuanya masih sangat relatif rendah, baik dari segi jasmani, rohani, sosial maupun ekonomi. Kondisi ini berimplikasi terhadap pemenuhan hak-hak dasar lanjut usia, terutama pemenuhan kebutuhan sehari-hari berupa kebutuhan pokok, kesehatan, aksesibilitas dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis tentang Implementasi Program Pemenuhan Kebutuhan Fisik Pada Lanjut Usia Terlantar di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jombang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model implementasi oleh Edward III. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) komunikasi dan koordinasi dilakukan dengan baik dan jelas oleh para petugas dan petugas telah melaksanakan program dengan konsisten. (2) Sumber daya belum diimplementasikan dengan baik dikarenakan ketersediaan staff jumlahnya masih kurang serta fasilitas pendukung yang disediakan masih kurang sehingga dalam kegiatan sehari-hari menggunakan sarana dan prasarana yang ada. (3) Disposisi telah dilaksanakan dengan baik terutama dalam kognisi, arahan dan respon dari pelaksana, serta intensitas respon atau respon implementasi. (4) Struktur birokrasi belum diimplementasikan dengan baik, sehingga diperlukan perhatian yang lebih khususnya dalam penyusunan tata aliran pelaksana program pemenuhan kebutuhan fisik di lapangan secara rinci dan tertulis serta terdapat pembagian tanggung jawab di dalam atau di luar Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jombang.

Keywords


implementasi, kebijakan publik, kesejahteraan, lanjut usia

Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo. 2017. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Anggara, Sahya. 2014. Kebijakan Publik.

Bandung: Pustaka Setia.

BKKBN. 2011. Profil Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2011. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Direktorat Pelaporan dan Statistik.

Chulaifah, Siti Aminatun dan. 2015. “Peran Pekerja Sosial Dalam Memberi Pelayanan Lanjut Usia.” Jurnal PKS 14(1):107–22.

Hurlock, Elizabeth Bergner. 1999. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Keli. Jakarta: Erlangga.

Kuntjorowati, Elly. 2017. “Nyaman Dan

Tentram Di Rumah Pelayanan Lanjut Usia.” Jurnal PKS 16(2):209– 22.

Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Edition 3. United States of America: SAGE Publication.

Muadi, Sholih, Ismail MH, and Ahmad Sofwani. 2016. “Konsep Dan Kajian Teori Perumusan Kebijakan Publik.” Jurnal Review Politik 6(2):195–224.

Ramdhani, Abdullah, and Muhammad Ali Ramdhani. 2017. “Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik.” Jurnal Publik 11(1):1–12. doi: 10.1109/ICMENS.2005.96.

Rangkoly, Ivo. 2015. “Implementasi Kebijakan Bantuan Kesejahteraan Lanjut Usia Di Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Maluku Tenggara Bara.” Jurnal Administrasi Publik 3(12):39–50.

Salmah. 2010. Asuhan Kebidanan.

Jakarta: EGC.

Santrock. 2006. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Sari, Meri Enita Puspita. 2018. “Peran Pemerintah Dalam Penyediaan Akses Pelayanan Publik.” Jurnal Trias Politika 2(1):1–12.

Smith, K. .., and Christoper W. Lamier. 2009. The Public Policy Theory Primer. Vol. 9. Westview Press.

Tachjan. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI).

Taufiqurokhman. 2014. Kebijakan Publik. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Moestopo Beragama (Pers).

Tresiana, Novita, and Noverman Duadji. 2017. Kebijakan Publik Dan Praktek Model-Model Pengelolaan Pengembangan Daerah. Yogyakarta: Suluh Media.

Widodo. 2013. Analisis Kebijakan Public: Konsep Dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Public. Malang: Bayu Media.

Winarno, Budi. 2014. Kebijakan Publik Teori, Proses, Dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Yuwanto, Listyo. 2012. Pengantar Metode Penelitian Eksperimen. Jakarta: Dwiputra Pustaka Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.