ANALISIS PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI KEDAI KOPI MAKEMBO

Jufrin Jufrin, Ismunandar Ismunandar

Abstract


Pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kot Bima tumbuh pesat beberapa tahun terakhir, khususnya industry makan minum dengan konsep kedai kopi. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui dan menganalisis pengaruh segmentasi pasar yang kami batasi hanya pada aspek demografi dan aspek psikologi terhadap keputusan pembelian di kedai kopi Makembo baik secara parsial maupun simultan. Sample dalam penelitian ini terdiri dari 100 responden dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form. Hasil uji validitas da reliabelitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian telah valid dan reliabel. Pengujian asumsi klasik pun tidak menunjukkan adanya penyimpangan asumsi klasik. Sementara hasil analisis dengan menggunakan pendekatan regresi linier berganda menunjukkan bahwa aspek demografi dan aspek psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di kedai kopi Makembo baik secara parsial maupun simultan.  Berdasarkan kesimpulan tersebut bahwa aspek pelayanan dan kualitas produk di kedai kopi Makembo perlu terus dijaga, sebab hal ini membuat kedai kopi makembo bisa menyerap konsumen dari berbagai karakteristik, mulai dari laki-laki atau perempuan, berbagai jenis usia dan kalangan masyarakat. Kedekatan value sebuah produk dan pelayanan sangat menentukan keputusan pembelian konsumen.


Keywords


Aspek demografi, aspek psikologi, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Bima. (2015). Statistik Daerah Kota Bima 2020. 6, 978–979.

Cindy, P., Luis, U., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Analisis

Pengaruh Strategi Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Kinerja Penjualan Pada Pt. Astragraphia Tbk Cabang Manado.

Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(2), 2581–2590. https://doi.org/10.35794/emba.v7i2.

Gitosudarmo, Indriyo 2009. Manajemen Pemasaran, Cet.Ke

, Yogjakarta, Penerbit.

Gujarati, Damoar N dan Dawn C. Porter. 2013. Dasar-dasar Ekonometrika Edisi 5 buku 1. Diterjemahkan oleh Eugenia Mardanugraha, dkk. Jakarta

Selatan : Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Edisi Kelima, Jilid I. Jakarta.

Kotler, and Keller, K. L. 2016. Marketing Management 16th

Edition. Prentice Hall Published, New Jersey.

ILMI, A. B. (2013). Analisis pengaruh segmentasi pasar terhadap

keputusan pembelian produk telkom speedy di pt. Telekomunikasi

indonesia cabang kediri. Skripsi jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang.

Kiwang, I. I. D., & Fanggidae, A. H. . (2019). Pengaruh segmentasi dan

positioning terhadap keputusan pembelian wisatawan pada rumah

makan ayam bakar wong solo di kupang. Journal of management

(sme’s), 8(1), 99–116.

Nurtjahjani, F., Rachmi, A., & Masreviastuti, M. (2018). Pengaruh

Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telkom Speedy Di Pt Telekomunikasi Indonesia Cabang Malang. Adbis: Jurnal dministrasi

Dan Bisnis, 11(2), 107. https://doi.org/10.33795/jadbis.v11i2.21

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatitif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Swastha, Handoko. 2007. Manajemen Pemasaran. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.

www.ntbprov.go.id/post/programunggulan/potret-industrialisasi-dintb diakses tanggal 18 Februari 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.