ANALISIS DAMPAK MISMATCH KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN PADA KUALITAS KERJA KARYAWAN DI HALMAHERA UTARA

Anita -- Dilly, Giufanny -- Papuling

Abstract


Mismatch antara kualifikasi pendidikan dan pekerjaan telah menjadi persoalan dalam dunia ketenagakerjaan di Indonesia. Semakin berkurangnya kesempatan kerja menjadikan persaingan antar angkatan kerja dan menimbulkan pengangguran pada angkatan kerja yang belum terserap di lapangan pekerjaan sehingga keputusan untuk memilih jenis pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan (mismatch) menjadi jalan keluar untuk menghindari status pengangguran tersebut. Ketidaksesuaian pendidikan atau keterampilan mengakibatkan alokasi dan penggunaan angkatan kerja yang tidak optimal sehingga menimbulkan beban bagi para pekerja dan perusahaan terkait produktivitas, daya saing dan pertumbuhan ekonomi dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stres kerja karyawan. Perusahaan akan menunjukkan kinerja yang rendah bila pekerjanya tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Meskipun mismatch antara kualifikasi pendidikan dan pekerjaan telah menjadi fenomena dalam dunia kerja saat ini, namun belum banyak kajian dan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak mismatch kualifikasi pendidikan dan pekerjaan pada kualitas kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode in depth interview terhadap pekerja pada perusahaan di Halmahera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa dampak mismatch antara pekerjaan dan latarbelakang pendidikan bagi pekerja yakni kesulitan dalam bekerja, adanya dampak bagi kondisi psikologis (insecure) pekerja, kompetensi tercurah tidak optimal dan memicu terjadinya turnover. Kondisi-kondisi ini kemudian berimplikasi pada kualitas kerja pekerja bahwa ketika pekerja tidak dapat mencurahkan kompetensinya dalam bekerja secara optimal maka kualitas kerja tidak dapat dicapai secara optimal.


Keywords


Mismatch, Kualifikasi pendidikan-pekerjaan, Dampak, Kualitas kerja

Full Text:

PDF

References


Adia Rahma Yannisa.2017.Kajian Setengah Pengangguran Dari Segi Jam Kerja Dan Penghasilan Menurut Karakteristik Pekerja Di Kabupaten Badung. Skripsi.

Bakker, A. B. 2011. An evidence-based model of work engagement. Current Directions in Psychological Science, 20(4), 265-269.

Ceswirdani, dkk. 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Kualitas Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Kuranji. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 8, Nomor 1.ISSN: 2086-5031.

Dr. A.A. I. N. Marhaeni, SE., Dkk. 2015. Kajian Setengah Pengangguran Dari Segi Jam Kerja Dan Penghasilan Menurut Karakteristik Pekerja Di Kabupaten Badung.

Florentine dan Sambodo Prabowo. 2014. Hubungan Antara Skill Mismatch Dengan Stres Kerja Pada Karyawan Pt X.

Iswanto, F. dan Ike Agustina. 2016. Peran Dukungan Sosial di Tempat Kerja Terhadap Keterikatan Kerja Karyawan. Jurnal MEDIAPSI, Vol.2, No.2.

International Labour Organization. ILO. 2014. Skills mismatch in Europe, Statistics Brief. Geneva.

LamanWebsite Finance.Detik.Com:https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3620313/63-orang-indonesia-bekerja-tak-sesuai-jurusan(diakses pada tanggal 16 Juli 2019).

Laporan Ketenagakerjaan Indonesia. ILO. 2017. Memanfaatkan Teknologi untuk Pertumbuhan dan Penciptaan Lapangan Kerja.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A.2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Matutina. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Panji Suryono dan Agus Joko Pitoyo. 2013. Kesesuaian Tingkat Pendidikan Dan Jenis Pekerjaan Pekerja Di Pulau Jawa: Analisis Data Sakernas Tahun 2010.

Safuan dan Suahasil Nazara. 2005. Fenomena Over Education dalam Pasar Kerja di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia Vol. 1 No. 2 Tahun 2005.

Saputra, Wiko & Junaidi. 2011. Fenomena Over Education Dan Under Education Dalam Pasar Kerja Wanita. Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 2.

Soesilowati, Endang S. 2009. Link and match dunia pendidikan dan industri dalam meningkatkan daya saing tenaga kerja dan industri: Link and match dunia pendidikan dan industri. Jakarta: LIPI.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Mixed. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Xanthopoulou, D., Bakker, A. B., Demerouti, E., & Schaufeli, W. B., 2012. A diary study on the happy worker: How job resources relate to positive emotions and personal Resources. European Journal of Work and Organizational Psychology, 21(4), 489-517.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v6i1.1095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

Aliansi:

Reference Manager:

 

View Statistic

Published by Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/index

Email: makro@unira.ac.id

MAKRO by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.